Nabillah, Alifah Badzlina (NIM.40215101) (2019) STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN KOMPETENSI PROFESIONALISME GURU DI SD NEGERI 1 PANCASANKECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
|
Text
40215101_HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version Download (925kB) | Preview |
|
|
Text
40215101_BAB 1.pdf - Accepted Version Download (236kB) | Preview |
|
Text
40215101_BAB 2.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 30 September 2026. Download (211kB) |
||
|
Text
40215101_BAB 3.pdf - Accepted Version Download (171kB) | Preview |
|
Text
40215101_BAB 4.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 30 September 2026. Download (150kB) |
||
|
Text
40215101_BAB 5.pdf - Accepted Version Download (10kB) | Preview |
|
|
Text
40215101_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (94kB) | Preview |
|
Text
40215101_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 30 September 2026. Download (40MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kompetensi guru di Indonesia. Maka dari itu, perlu adanya strategi Kepala Sekolah dalam mengembangkan kompetensi profesionaslisme guru sehingga guru dapat menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan menarik. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 1 Pancasan pada bulan Agustus 2019. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi Kepala Sekolah dalam mengembangkan kompetensi profesionalisme guru di SD Negeri 1 Pancasan Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Subyek penelitian yaitu Kepala Sekolah dan Guru SD Negeri 1 Pancasan. Teknik Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara/interview, dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan conclusion drawing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Strategi Kepala Sekolah sudah berjalan dengan cara: (1) mengikutsertakan guru untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan, (2) memberi motivasi kepada guru, (3) penataran, (4) workshop, dan (5) supervisi. Kompetensi profesionalisme guru juga sudah baik. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah strategi Kepala Sekolah dalam mengembangkan kompetensi profesionalisme guru sudah baik. Saran dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah diharapkan lebih mengembangkan kompetensi profesionalisme guru karena ilmu pengetahuan dan teknologi semakin berkembang, dan guru diharapkan untuk lebih mempelajari perkembangan ilmu dan teknologi sehingga dapat memberikan yang terbaik di depan anak didik.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepala Sekolah, Kompetensi, Profesionalisme |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.1 Guru, Manajemen Kelas > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.1 Guru, Manajemen Kelas > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.2 Administrasi Sekolah, Manajemen Sekolah, Kepala Sekolah, Biaya Sekolah, Mutu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 |
Depositing User: | Nidzom Muhammad |
Date Deposited: | 17 Nov 2019 04:25 |
Last Modified: | 17 Nov 2019 04:25 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/530 |
Actions (login required)
View Item |