Mawarni, Devit (NIDN.40215007) (2019) ANALISIS BUKU TEKS SISWA KELAS V TEMA 9 BENDA-BENDA DI SEKITAR KITA TERBITAN KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN TAHUN 2018. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
|
Text
40215007_HALAMAN AWAL.pdf - Accepted Version Download (723kB) | Preview |
|
|
Text
40215007_BAB I.pdf - Accepted Version Download (176kB) | Preview |
|
Text
40215007_BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 30 September 2026. Download (395kB) |
||
|
Text
40215007_BAB III.pdf - Accepted Version Download (106kB) | Preview |
|
Text
40215007_BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 30 September 2026. Download (1MB) |
||
|
Text
40215007_BAB V.pdf - Accepted Version Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
40215007_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (162kB) | Preview |
|
Text
40215007_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 30 September 2026. Download (2MB) |
Abstract
Latar belakang dari penelitian ini penggunaan buku teks oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Buku teks yang digunakan oleh guru dan siswa ini harus relevan dan sesuai dengan kurikulum yang berlaku untuk mencapai tujuan pembelajaran. Pada kenyataannya, buku teks yang digunakan oleh guru atau siswa ini, belum diketahui tingkat kesesuaiannya dengan kompetensi inti dankompetensi dasar 2013, karena kurikulum ini masih baru. Berdasarkan hal tersebut, maka peneliti tertarik untuk menganalisis kesesuaian buku teks dengan kompetensi dasar 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimanakah kesesuaian buku teks siswa terbitan Kemendikbud tematik terpadu kelas V tema 9 benda-benda di sekitar kita. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesesuaian buku teks siswa terbitan kementrian pendidikan dan kebudayaan tematik terpadu kelas V tema 9 benda-benda di sekitar kita. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan pedoman dokumentasi, check list. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil analisis pada buku teks siswa Terbitan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Tematik Terpadu Kelas V Tema 9 Benda-Bnenda di Sekitar Kita adalah sebagai berikut: (1) Kesesuaian pada dimensi spiritual adalah sebesar 78% atau pada kategori baik. (2) Kesesuaian pada dimensi Sosial adalah sebesar 81,25% atau pada kategori sangat baik. (3) Kesesuaian pada dimensi pengetahuan adalah sebesar 90% atau pada kategori sangat baik. (4) Kesesuaian pada dimensi keterampilan adalah sebesar 91% atau pada kategori sangat baik.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis Buku Teks, Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, Buku Tematik Terpadu |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > Sains, IPA, Teknologi dan Kesehatan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 |
Depositing User: | Nidzom Muhammad |
Date Deposited: | 20 Nov 2019 04:37 |
Last Modified: | 20 Nov 2019 04:37 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/542 |
Actions (login required)
View Item |