Search for collections on Repository Universitas Peradaban

PERBEDAAN IMPLEMENTASI MODEL STAD DENGAN NHT PADA MATA PELAJARAN IPA DITINJAU DARI PENCAPAIAN KOMUNIKASI ILMIAH KELAS V

Martiana, Erlinda Tri (NIDN.40215009) (2019) PERBEDAAN IMPLEMENTASI MODEL STAD DENGAN NHT PADA MATA PELAJARAN IPA DITINJAU DARI PENCAPAIAN KOMUNIKASI ILMIAH KELAS V. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.

[img]
Preview
Text
40215009_Halaman_Judul.pdf

Download (889kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari permasalahan di SD Negeri Panambangan yaitu kurangnya guru dalam menggunakan model pembelajaran dan rendahnya komunikasi ilmiah siswa khususnya pada mata pelajaran IPA. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi penggunaan model pembelajaran NHT lebih baik dari model pembelajaran STAD pada mata pelajaran IPA siswa kelas V ditinjau dari pencapaian komunikasi ilmiah. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan True Eksperimen jenis Posttest-Only Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan denagn simpel random sampling dengan jumlah sampel 62 responden yaitu 45 siswa di kelas VA dan VB SD Negeri Panambangan sebagai kelas eksperimen dan 17 siswa SD Negeri 02 Gununglurah sebagai kelas kontrol. Instrumen pengambilan data dengan observasi. Dilanjutkan dengan teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji perbedaan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi model pembelajaran NHT lebih baik dari model pembelajaran STAD ditinjau dari pencapaian komunikasi ilmiah siswa kelas V sekolah dasar. Hal ini dibuktikan dari hasil analis Uji Independent Sample t-Test dengan bantuan aplikasi SPSS 16.0, bahwa nilai pencapaian komunikasi ilmiah siswa mata pelajaran IPA adalah 4.949 lebih besar dari nilai t tabel yaitu 2,021. Sehingga 4.949 ≥ 2,021, atau t hitung ≥ t tabel sehingga Ho diterima dan Ha ditolak. Saran dari penelitian ini bagi guru hendaknya menggunakan model pembelajaran yang menarik.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Numbered Head Together, Student Team Achiviement Division, Komunikasi Ilmiah
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar
300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > Sains, IPA, Teknologi dan Kesehatan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Nidzom Muhammad
Date Deposited: 20 Nov 2019 07:06
Last Modified: 20 Nov 2019 07:06
URI: https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/543

Actions (login required)

View Item View Item