Budiarti, Fera (NIDN.40215010) (2019) IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SD NEGERI KRETEK 04 TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
|
Text
40215010_Halaman_Judul.pdf - Accepted Version Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
40215010_Bab1.pdf - Accepted Version Download (181kB) | Preview |
|
Text
40215010_Bab2.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 30 September 2026. Download (329kB) |
||
|
Text
40215010_Bab3.pdf - Accepted Version Download (109kB) | Preview |
|
Text
40215010_Bab4.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 30 September 2026. Download (301kB) |
||
|
Text
40215010_Bab5.pdf - Accepted Version Download (97kB) | Preview |
|
|
Text
40215010_Daftar_Pustaka.pdf - Accepted Version Download (92kB) | Preview |
|
Text
40215010_Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 30 September 2026. Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini berawal dari permasalahan pelaksanaan penilaian autentik di lapangan yang masih mengalami kendala. Masalah yang dihadapi adalah tidak semua teknik penilaian autentik dilaksanakan dalam satu tema pembelajaran disebabkan karena waktu yang tidak memungkinkan dan disesuaikan dengan kompetensi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi penilaian autentik pada pembelajaran tematik kelas IV di SD Negeri Kretek 04 tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru kelas IV. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sudah melaksanakan penilaian autentik dalam pembelajaran tematik. Guru dalam merencanakan penilaian mengacu pada perencanaan pembelajaran. Guru melaksanakan penilaian autentik mencakup penilaian sikap, penilaian pengetahuan, dan penilaian keterampilan. Penilaian sikap menggunakan teknik observasi, penilaian diri, penilaian teman sejawat, dan jurnal. Penilaian pengetahuan menggunakan teknik tes tertulis, tes lisan, dan penugasan. Penilaian keterampilan menggunakan teknik tes praktik, penilaian proyek, penilaian portofolio, dan penilaian produk. Evaluasi implementasi penilaian autentik memiliki faktor pendukung dan faktor penghambat. Guru hendaknya lebih mempersiapkan instrumen penilaian dan bisa mengatur waktu dalam melaksanakan penilaian autentik.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penilaian Autentik, Pembelajaran Tematik |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.2 Administrasi Sekolah, Manajemen Sekolah, Kepala Sekolah, Biaya Sekolah, Mutu Pendidikan 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 |
Depositing User: | Nidzom Muhammad |
Date Deposited: | 20 Nov 2019 07:06 |
Last Modified: | 20 Nov 2019 07:06 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/544 |
Actions (login required)
View Item |