Rinaldi, Adimas Herlambang (NIDN.40215036) (2019) PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DITINJAU DARI PENCAPAIAN PROBLEM SOLVING SKILL SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
|
Text
40215036_HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version Download (722kB) | Preview |
|
|
Text
40215036_BAB I.pdf - Accepted Version Download (228kB) | Preview |
|
Text
40215036_BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 30 September 2026. Download (335kB) |
||
|
Text
40215036_BAB III.pdf - Accepted Version Download (452kB) | Preview |
|
Text
40215036_BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 30 September 2026. Download (366kB) |
||
|
Text
40215036_BAB V.pdf - Accepted Version Download (191kB) | Preview |
|
|
Text
40215036_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (215kB) | Preview |
|
Text
40215036_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 30 September 2026. Download (2MB) |
Abstract
Latar belakang dari penelitian ini ialah problem solving skill siswa kelas V rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan model pembelajaran realistic mathematics education (RME) dan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) ditinjau dari pencapaian problem solving skill siswa kelas V Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh siswa kelas V SD Negeri Pagojengan 03. Sampelnya ialah siswa kelas V yang berjumlah 40 anak. Teknik samplingnya menggunakan random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara model pembelajaran realistic mathematics education (RME) dan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) ditunjukan dengan t hitung > t tabel, 2,079 > 2,02439. Nilai rata- rata problem solving skill siswa menggunakan model pembelajaran realistic mathematics education (RME) lebih tinggi dibandingakan dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) yaitu 83,50 > 76,50. Sehingga model pembelajaran realistic mathematics education (RME) lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL).berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti lain disarankan untuk mengadakan penelitian lanjutan yang sejenis dengan penelitian ini, sehingga diperoleh hasil yang lebih meyakinkan serta sebagai sumbangan bagi guru untuk bahan kajian dan peningkatan mutu pendidikan.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Realistic Mathematics Education, Contextual Teaching and Learning, Problem Solving |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 |
Depositing User: | Nidzom Muhammad |
Date Deposited: | 25 Nov 2019 03:34 |
Last Modified: | 25 Nov 2019 03:34 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/565 |
Actions (login required)
View Item |