Agustin, Hafni Mauliya (NIM.40215046) (2019) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS STEM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
|
Text
40215046_HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
40215046_BAB 1.pdf - Accepted Version Download (42kB) | Preview |
|
Text
40215046_BAB 2.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 30 September 2026. Download (85kB) |
||
|
Text
40215046_BAB 3.pdf - Accepted Version Download (65kB) | Preview |
|
Text
40215046_BAB 4.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 30 September 2026. Download (353kB) |
||
|
Text
40215046_BAB 5.pdf - Accepted Version Download (14kB) | Preview |
|
|
Text
40215046_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (22kB) | Preview |
|
Text
40215046_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 30 September 2026. Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dari permasalahan terbatasnya bahan ajar dan rendahnya keterampilan berpikir kreatif siswa khususnya pada mata pelajaran IPA di SD Negeri Dukuhturi 01. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan produk dan mengetahui efektivitas penggunaan LKS berbasis STEM dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa kelas V. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan desain Pre-Experimental Design jenis One-Group Pretest-Posttest Design dan menggunakan model 4D dari Thiagarajan. Pengambilan sampel dilakukan dengan sampling purposive dengan jumlah sampel 25 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat dan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian di peroleh (1) LKS IPA berbasis STEM layak dan valid digunakan berdasarkan hasil validasi media 4,38 yang termasuk kedalam kategori sangat baik dan hasil validasi materi 4,2 yang termasuk kedalam kategori baik. (2) LKS IPA berbasis STEM memiliki pengaruh ditunjukkan dari hasil output Anova nilai sig. = 0,000 < 0,05, tabel R Square 50,6%, dan nilai thitung = 4.850 dengan signifikansi 5% dan ttabel = 1,711. Saran dari penelitian ini adalah pendidik sebaiknya lebih dapat mengembangkan LKS IPA dengan pendekatan yang lain terutama dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Lembar Kerja Siswa Berbasis STEM, Keterampilan Berpikir Kreatif. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 |
Depositing User: | Nidzom Muhammad |
Date Deposited: | 27 Nov 2019 08:43 |
Last Modified: | 27 Nov 2019 08:43 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/572 |
Actions (login required)
View Item |