Sari, Eliza Ulva (NIM.40315003) (2019) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN METAPHORMING BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PADA POKOK BAHASAN PERBANDINGAN TRIGONOMETRI SUDUT BERELASI. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
|
Text
40315003_Bagian Awal.pdf - Accepted Version Download (288kB) | Preview |
|
|
Text
40315003_BAB I.pdf - Accepted Version Download (87kB) | Preview |
|
Text
40315003_BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 30 September 2026. Download (148kB) |
||
|
Text
40315003_BAB III.pdf - Accepted Version Download (110kB) | Preview |
|
Text
40315003_BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 30 September 2026. Download (112kB) |
||
|
Text
40315003_BAB V.pdf - Accepted Version Download (32kB) | Preview |
|
|
Text
40315003_Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version Download (87kB) | Preview |
|
Text
40315003_Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 September 2026. Download (2MB) |
Abstract
Kemampuan berpikir kritis matematis siswa masih rendah, banyak siswa yang belum tuntas dengan KKM senilai 70. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Metaphorming berbantuan Mind Mapping terhadap kemampuan berpikir kritis matematis pada pokok bahasan perbandingan trigonometri sudut berelasi. Keefektifan dilihat dari tingkat ketuntasan kemampuan berpikir kritis matematis siswa, perbandingan kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol dan pengaruh aktivitas belajar siswa terhadap kemampuan berpikir kritis matematis. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan penelitian eksperimen dengan desain Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Muhammadiyah 2 Paguyangan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas eksperimen X TKJ dan kelas kontrol X TSM yang ditentukan melalui teknik Cluster Random Sampling. Analisis data yang digunakan diantaranya uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan rata-rata, uji ketuntasan, uji banding dan uji regresi. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis matematis siswa melampaui 70 dengan proporsi siswa yang tuntas 90%. Hasil tes kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas eksperimen adalah 79 lebih baik dibanding rata-rata kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas kontrol yaitu 68. Uji regresi sederhana diperoleh persamaan regresi y ̂=35,054+0,603x menunjukkan bahwa terdapat pngaruh positif aktivitas belajar siswa terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa sebesar 82,4%. Karena memenuhi ketiga kriteria keefektifan maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Metaphorming berbantuan Mind Mapping efektif terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mind Mapping, Model Pembelajaran Metaphorming, Kemampuan Berpikir |
Subjects: | 100 Filsafat, Psikologi, Parapsikologi > 153 Intelegensia, Kecerdasan, Mental, Mind Map 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika - S1 |
Depositing User: | S.Sos Muhaniz Muhaniz |
Date Deposited: | 30 Nov 2019 07:25 |
Last Modified: | 30 Nov 2019 07:25 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/587 |
Actions (login required)
View Item |