Amalia, Nilla Putri (NIM.40315008) (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) PADA MATERI PRISMA DAN LIMAS. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
|
Text
40315008_Halaman_Judul.pdf - Accepted Version Download (421kB) | Preview |
|
|
Text
40315008_BAB 1.pdf - Accepted Version Download (259kB) | Preview |
|
Text
40315008_BAB 2.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 30 September 2026. Download (241kB) |
||
|
Text
40315008_BAB 3.pdf - Accepted Version Download (375kB) | Preview |
|
Text
40315008_BAB 4.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 30 September 2026. Download (1MB) |
||
|
Text
40315008_BAB 5.pdf - Accepted Version Download (110kB) | Preview |
|
|
Text
40315008_Daftar_Pustaka.pdf - Accepted Version Download (212kB) | Preview |
|
Text
40315008_Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 30 September 2026. Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan media pembelajaran matematika multimedia interaktif berbasis Realistic Mathematics Education pada materi prisma dan limas untuk kelas VIII MTs dan bertujuan untuk mengetahui perbedaan respon minat belajar matematika siswa sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran multimedia interaktif. Pengembangan media mengacu pada metode pengembangan ADDIE yang meliputi 5 tahap, yaitu Analysis (Analisis), Design (Pengembangan), Development (Pengembangan), Implementation (Pelaksanaan) dan Evaluation (Evaluasi). Teknik pengumpulan data berupa angket, observasi dan wawancara. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket pengembangan media, angket evaluasi media untuk ahli media dan ahli materi, angket respon siswa serta pedoman wawancara. Teknik analisis data menggunakan uji paired sample t-test. Hasil penelitian pengembangan ini adalah: (1) model pengembangan media pemebelajaran yang dilakukan melalui beberapa tahap, yaitu melakukan analisis materi, analisis siswa, analisis situasi, analisis aspek-aspek yang harus ada dalam media interaktif, merancang media, mengembangkan media dengan menggunakan Adobe Flash CS3. (2) media pembelajaran mampu memberikan dampak positif terhadap respon siswa kelas VIII di MTS Nurul Ulum Karang Sawah dengan memperoleh nilai rata-rata respon sebelum menggunakan media adalah 78,83 dengan kategori cukup, sedangkan nilai rata-rata respon setelah menggunakan media adalah 90,92 dengan kategori baik.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran Multimedia Interaktif, Realistic Mathematics Education, Matematika. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika - S1 |
Depositing User: | S.Sos Muhaniz Muhaniz |
Date Deposited: | 30 Nov 2019 07:25 |
Last Modified: | 30 Nov 2019 07:25 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/589 |
Actions (login required)
View Item |