Search for collections on Repository Universitas Peradaban

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TEAMS-GAMES TOURNAMENT TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI KELAS V SDN KALIERANG 01 TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Inaki, Nifka (NIM.40215056) (2019) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TEAMS-GAMES TOURNAMENT TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI KELAS V SDN KALIERANG 01 TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.

[img]
Preview
Text
40215056_HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (571kB) | Preview
[img]
Preview
Text
40215056_BAB I.pdf - Accepted Version

Download (133kB) | Preview
[img] Text
40215056_BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 30 September 2026.

Download (574kB)
[img]
Preview
Text
40215056_BAB III.pdf - Accepted Version

Download (546kB) | Preview
[img] Text
40215056_BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 30 September 2026.

Download (451kB)
[img]
Preview
Text
40215056_BAB V.pdf - Accepted Version

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
40215056_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (267kB) | Preview
[img] Text
40215056_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 30 September 2026.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini ialah kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang masih rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat ketuntasan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) dan Rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menggunakan model teams-games tournament . Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen bentuk quasy eksperimental design menggunakan postest-only control design. Populasinya adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Kalierang 01. Teknik analisis datanya menggunakan uji ketuntasan dan uji beda rata-rata. Teknik pengambilan data menggunakan wawancara dan tes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes. Hasilnya Rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran teams-games tournament sebanyak 86% telah tuntas melampaui Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 60, dan Rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada pembelajaran dengan model pembelajaran teams-games tournament memiliki rata-rata lebih tinggi yaitu 72.7 daripada nilai rata-rata siswa yang pembelajarannya menggunakan model konvensional yaitu 61.9. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran teams-games tournament efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dikelas V Sekolah Dasar Negeri Kalierang 01 tahun pelajaran 2018/2019. Sehingga model pembelajaran teams-games tournament baik digunakan dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Teams-Games Tournament, dan Kemampuan Pemecahan Masalah.
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Nidzom Muhammad
Date Deposited: 05 Dec 2019 02:52
Last Modified: 05 Dec 2019 02:52
URI: https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/596

Actions (login required)

View Item View Item