Ningsih, Sri Fazar Kania (NIM.40215061) (2019) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK SAKU NILAI-NILAI PANCASILA BERBASIS CERITA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKN SISWA KELAS V SD NEGERI PAGOJENGAN 03 KABUPATEN BREBES. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
|
Text
40215063_Halaman_Judul.pdf - Accepted Version Download (411kB) | Preview |
|
|
Text
40215063_Bab1.pdf - Accepted Version Download (216kB) | Preview |
|
Text
40215063_Bab2.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 30 September 2026. Download (181kB) |
||
|
Text
40215063_Bab3.pdf - Accepted Version Download (234kB) | Preview |
|
Text
40215063_Bab4.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 30 September 2026. Download (880kB) |
||
|
Text
40215063_Bab5.pdf - Accepted Version Download (148kB) | Preview |
|
|
Text
40215063_Daftar_Pustaka.pdf - Accepted Version Download (151kB) | Preview |
|
Text
40215063_Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 30 September 2026. Download (9MB) |
Abstract
Permasalahan yang ditemukan di SD Negeri Pagojengan 03 yaitu penggunaan media yang kurang tepat, siswa tidak fokus, dan rendahnya hasil belajar siswa kelas V pada materi pengamalan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari yaitu sebesar 69,38 serta dipengaruhi oleh penggunaan media LCD Proyektor yang belum tepat diterapkan pada materi tersebut. Rumusan masalahnya yaitu mengembangkan dan menerapkan media komik saku nilai-nilai Pancasila berbasis cerita yang bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan serta keefektifan media komik tersebut. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R & D) dengan metode eksperimen desain pre experimental design, jenis one group pre-test post-test design. Desain pengembangan menggunakan model Borg and Gall (1989) dalam Sugiyono (2015: 35-37), teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media komik saku nilai-nilai Pancasila berbasis cerita layak digunakan sebagai media pembelajaran dengan rata-rata skor dari para ahli sebesar 4,2. Kemudian media komik saku efektif digunakan dalam pembelajaran dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Peningkatan hasil belajar dilihat dari selisih skor pre-test dan post-test sebesar 8,55% dari 68,95% menjadi 77,50%. Produk harus mendapat hak paten, agar bentuk diseminasi tidak hanya satu sekolah, dan ketika menerapkan media komik saku dalam pembelajaran bisa menambahkan media lain seperti LCD Proyektor.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Komik Saku Nilai-nilai Pancasila Berbasis Literasi, Hasil Belajar, Research and Development (R & D). |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 320 Ilmu Politik > 323 Hak-hak Warga Sipil, Hak-hak Warga Negara > Kewarganegaraan; Naturalisasi; Suaka Politik; Visa, Paspor 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 |
Depositing User: | Nidzom Muhammad |
Date Deposited: | 09 Dec 2019 07:26 |
Last Modified: | 09 Dec 2019 07:26 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/609 |
Actions (login required)
View Item |