Arliani, Lena (NIM.40215085) (2019) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF DI KELAS IV SEKOLAH DASAR ALAM BANYU BELIK PURWOKERTO. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
|
Text
40215085_HALAMAN_AWAL.pdf - Accepted Version Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
40215085_BAB_I.pdf - Accepted Version Download (177kB) | Preview |
|
Text
40215085_BAB_II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 September 2026. Download (298kB) |
||
|
Text
40215085_BAB III.pdf - Accepted Version Download (209kB) | Preview |
|
Text
40215085_BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 30 September 2026. Download (383kB) |
||
|
Text
40215085_BAB V.pdf - Accepted Version Download (95kB) | Preview |
|
|
Text
40215085_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (283kB) | Preview |
|
Text
40215085_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 30 September 2026. Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi seiring perkembangan zaman, kurikulum di Indonesia telah berganti-ganti guna memperoleh hasil yang terbaik dari proses pendidikan. Kurikulum yang ditetapkan pemerintah untuk digunakan saat ini yakni kurikulum 2013 yang sebelumnya kurikulum yang digunakan adalah Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Dalam penilaian pembelajaran tematik guru juga mengalami hambatan diantaranya adalah guru hanya menilai aspek pengetahuan dan keterampilan saja sedangkan penilaian pada aspek sikap belum dilakukan. Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui perencanaan pembelajaran tematik pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Alam Banyu Belik; 2) Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran tematik pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Alam Banyu Belik Purwokerto; 3) Untuk mengetahui penilaian pembelajaran tematik pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Alam Banyu Belik Purwokerto. Metode penelitan yang di gunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dimana dalam penelitian deskriptif data-data berupa kata-kata, gambar, dan bukan angka-angka. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah sebagai berikut; 1) guru sudah mempersiapkan pembelajaran dengan baik. Guru juga telah menggunakan tema dalam pembelajaran yang akan dilakukan untuk menggabungkan beberapa mata pelajaran; 2) Pelaksanaan kegiatan pembelajaran sudah sesuai dengan RPP yang disusun oleh guru namun tidak secara keseluruhan karena keterbatasan waktu. Pada saat pelaksanaan pembelajaran guru berpedoman pada RPP. Materi pelajaran, strategi, dan metode pembelajaran sudah sesuai dengan yang tertulis di RPP; 3) Penilaian yang digunakan oleh guru kelas IV adalah tes tertulis. Tes dilakukan dalam bentuk siswa diminta untuk mengerjakan soal yang ada dalam buku tematik. Kesimpulan dari rumusan masalah yang di ajukan bahwa pada tahap perencanaan guru sudah mempersiapkan pembelajaran dengan baik, lalu pada tahap peklaksanaan pembelajaran masih belum maksimal, dan pada tahap penilaian juga belum maksimal.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Tematik Integratif, Sekolah Alam Banyu Belik |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 |
Depositing User: | Nidzom Muhammad |
Date Deposited: | 10 Dec 2019 03:20 |
Last Modified: | 10 Dec 2019 03:20 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/616 |
Actions (login required)
View Item |