Mustopa, Muhammad Hakim (2016) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI LINGKARAN. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
Text
40312009_HALAMAN AWAL.pdf - Published Version Restricted to Registered users only until 31 December 2017. Download (415kB) |
|
Text
40312009_BAB I.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2017. Download (109kB) |
|
Text
40312009_BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2017. Download (162kB) |
|
Text
40312009_BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2017. Download (202kB) |
|
Text
40312009_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2017. Download (246kB) |
|
Text
40312009_BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2017. Download (86kB) |
|
Text
40312009_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2017. Download (81kB) |
|
Text
40312009_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2017. Download (3MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah rata-rata kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang mendapat model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan kontekstual melampaui Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), apakah rata-rata kemampuan pemecahan masalah antara kelas yang diberi model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan kontekstual lebih baik daripada kelas yang menggunakan model konvensional, apakah terdapat pengaruh positif aktivitas peserta didik dengan kemampuan pemecahan masalah pada pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan kontekstual. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTs Miftahul Ulum NU Paguyangan tahun pelajaran 2015/2016. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol yang ditentukan melalui teknik Simple Random Sampling. Data dianalisis dengan uji ketuntasan, uji proporsi, uji beda rata-rata, dan analisis regresi sederhana. Berdasarkan hasil penelitian, nilai rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen adalah sebesar 79 dan nilai rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah kelas kontrol adalah sebesar 72. Hal ini terbukti dari nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas eksperimen melampaui KKM yaitu 70 dengan proporsi peserta didik yang tuntas melebihi 75%. Selain itu hasil perhitungan uji-t diperoleh bahwa nilai rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen lebih baik dari nilai rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah kelas kontrol. Uji regresi sederhana diperoleh persamaan regresi y ̂=-8,992 + 1,119x menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif peningkatan aktivitas peserta didik dengan peningkatan kemampuan pemecahan masalah peserta didik sebesar 75,4%. Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan kontekstual efektif dengan kemampuan pemecahan masalah pada materi lingkaran.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Problem Based Learning, Pendekatan Kontekstual, Kemampuan Pemecahan Masalah, Aktivitas |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Menengah, Pendidikan Lanjutan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika - S1 |
Depositing User: | S.Sos Muhaniz Muhaniz |
Date Deposited: | 13 Apr 2017 11:12 |
Last Modified: | 13 Apr 2017 11:12 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/62 |
Actions (login required)
View Item |