Search for collections on Repository Universitas Peradaban

PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN PESURUNGAN LOR 01 KOTA TEGAL TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Rifa’i, Akhmad (NIM.40215098 ) (2019) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN PESURUNGAN LOR 01 KOTA TEGAL TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.

[img]
Preview
Text
40215098_Halaman_Judul .pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
40215098_BAB1 .pdf - Accepted Version

Download (130kB) | Preview
[img] Text
40215098_BAB2 .pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 31 September 2026.

Download (483kB)
[img]
Preview
Text
40215098_BAB3 .pdf - Accepted Version

Download (552kB) | Preview
[img] Text
40215098_BAB4 .pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 30 September 2026.

Download (437kB)
[img]
Preview
Text
40215098_BAB5 .pdf - Accepted Version

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text
40215098_Daftar_Pustaka .pdf - Accepted Version

Download (402kB) | Preview
[img] Text
40215098_Lampiran .pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 30 September 2026.

Download (14MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini ditemukan saat peneliti melakukan observasi, bahwa ditemukan permasalahan model pembelajaran yang kurang efektif pada mata pelajaran IPS yang menggunakan model pembelajaran talking stick, yang menyebabkan hasil belajar siswa rendah di SDN Pesurungan Lor 01 Kota Tegal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas IV menggunakan model pembelajaran talking stick dan make a match. Metode penelitian ini adalah kuantitatif, pendekatan eksperimen, desain Pre-Experimental Designs, rancangan Solomon Four Group Design, populasi ini adalah SDN Se Kecamatan Margadana Kota Tegal. Melalui teknik random sampling. Analisis data uji normalitas, homogenitas, dan uji T. Hasil penelitian nilai rata-rata hasil penilaian posttest hasil belajar siswa kelas eksperimen satu (talking stick) sebesar 60,50 dan kelas eksperimen dua (make a match) sebesar 71,25. Dapat diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 3,028 > 2,428. Jadi pada penelitian tersebut terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Talking Stick dan model pembelajaran Make a Macth di kelas IV SDN Pesurungan Lor 01 Kota Tegal.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran, Talking Stick, dan Make a Match, random sampling, hasil belajar siswa
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.2 Administrasi Sekolah, Manajemen Sekolah, Kepala Sekolah, Biaya Sekolah, Mutu Pendidikan > Hasil Belajar, Penilaian Pembelajaran, Prestasi Siswa
300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Nidzom Muhammad
Date Deposited: 10 Dec 2019 03:21
Last Modified: 10 Dec 2019 03:21
URI: http://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/620

Actions (login required)

View Item View Item