Search for collections on Repository Universitas Peradaban

PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN STEM TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Fasdianti, Fifi Yunita (NIM.40215081) (2019) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN STEM TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.

[img]
Preview
Text
40215081_HALAMAN JUDUL.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Peserta didik kelas VA dan VB di SD Negeri Pagojengan 03 memiliki kemampuan literasi sains yang rendah. Rendahnya literasi sains siswa di Indonesia terjadi karena proses pembelajaran IPA yang kurang memberikan dorongan kepada siswa untuk berpikir kritis. Tujuan penelitian ini untuk mengetaui pengaruh penerapan model project based learning dengan pendekatan STEM (PjBL STEM) terhadap kemampuan literasi sains siswa kelas V sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Pagojengan 03. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VA yang berjumlah 32 orang sebagai kelas eksperimen, dan siswa kelas VB yang berjumlah 20 orang sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes uraian bebas dan lembar observasi keterlaksanaan sintaks pembelajaran. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai β dan nilai Sig masing-masing yaitu 0,832 dan 0,000, yang artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Kesimpulannya adalah ada pengaruh dari penerapan model project based learning dengan pendekatan STEM terhadap kemampuan literasi sains siswa kelas V sekolah dasar. Model PjBL STEM dapat digunakan pihak sekolah untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning, STEM, PjBL STEM, Literasi Sains
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar
300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > Sains, IPA, Teknologi dan Kesehatan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Nidzom Muhammad
Date Deposited: 10 Dec 2019 07:36
Last Modified: 10 Dec 2019 07:36
URI: https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/625

Actions (login required)

View Item View Item