Anjasmara, Panggih (NIM.40215094) (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION TERHADAP KEMAMPUAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI CIOMAS TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
|
Text
40215094-HALAMAN AWAL.pdf - Accepted Version Download (724kB) | Preview |
|
|
Text
40215094-BAB I.pdf - Accepted Version Download (271kB) | Preview |
|
Text
40215094-BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 30 September 2026. Download (389kB) |
||
|
Text
40215094-BAB III.pdf - Accepted Version Download (466kB) | Preview |
|
Text
40215094-BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 30 September 2026. Download (463kB) |
||
|
Text
40215094-BAB V.pdf - Accepted Version Download (148kB) | Preview |
|
|
Text
40215094-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (153kB) | Preview |
|
Text
40215094-LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 30 September 2026. Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan masalah yang ada di kelas V SD Negeri Ciomas Kecamatan Bantarkawung Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2018/2019, yaitu menunjukan bahwa kurangnya lnteraksi siswa ketika pembelajaran berkelompok dan hasil belajar siswa pada ranah kognitif Bahasa Indonesia 67,7 % di bawah rata-rata. Tujuan penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition Terhadap Kemampuan Kerjasama Dan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Ciomas, serta 2) Untuk mengetahui apakah hasil belajar kognitif Bahasa Indonesia materi Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita SubTema 3 Usaha Pelestarian Lingkungan Pembelajaran ke-3 kelas V SD Negeri Ciomas Tahun Pelajaran 2018/2019 dapat tuntas KKM setelah diterapkan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition? Penelitian menggunakan pendekatan Pre-Experimental Design. Populasi dalam penelitian seluruh kelas V SD Negeri Ciomas dengan teknik sampel menggunakan sampling jenuh. Teknik pengumpulan data observasi, tes, dokumentasi. Analisis data menggunakan, uji regresi linear sederhana, uji rata-rata dan uji proporsi. Pengujian hipotesis ke 1 menggunakan uji regresi linear sederhana dengan taraf signifikasi 5%. Dari hasil analisis di peroleh Fhitung > Ftabel, yaitu 40,548 > 4,54 (model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (X) dan kemampuan kerjasama (Y1)) dan 62,299 > 4,54 (model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (X) dan hasil belajar kognitif (Y2)), sehingga H0 di tolak maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition terhadap kemampuan kerjasama dan hasil belajar kognitif Bahasa Indonesia materi Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita SubTema 3 Usaha Pelestarian Lingkungan Pembelajaran ke 3 kelas V SD Negeri Ciomas Tahun Pelajaran 2018/2019. Sedangkan berdasarkan uji hipotesis ke-2 dilihat dari perhitungan uji rata-rata diperoleh hasil t hitung > t tabel, yaitu 4,398 > 1,746, maka H0 ditolak. Hal ini berarti rata-rata hasil belajar kognitif melampaui atau sama dengan 69. Sementara itu, dilihat dari perhitungan uji proporsi diperoleh hasil zhitung > ztabel yaitu 0,67 > 0,45, maka H0 ditolak, artinya ialah prosentase siswa kelas V yang mencapai KKM secara klasikal telah mencapai 75%.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Cooperative Integrated Reading and Composition, Kerjasama, dan Hasil Belajar |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.2 Administrasi Sekolah, Manajemen Sekolah, Kepala Sekolah, Biaya Sekolah, Mutu Pendidikan > Hasil Belajar, Penilaian Pembelajaran, Prestasi Siswa |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 |
Depositing User: | Nidzom Muhammad |
Date Deposited: | 11 Dec 2019 04:01 |
Last Modified: | 11 Dec 2019 04:01 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/633 |
Actions (login required)
View Item |