Laudiyana, Khusnau (NIM.40215014) (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MACROMEDIA FLASH 8 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PECAHAN KELAS IV SD NEGERI NEGARAYU 02 KECAMATAN TONJONG KABUPATEN BREBES. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
|
Text
40215014_HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version Download (806kB) | Preview |
|
|
Text
40215014_BAB I.pdf - Accepted Version Download (178kB) | Preview |
|
Text
40215014_BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 30 September 2026. Download (569kB) |
||
|
Text
40215014_BAB III.pdf - Accepted Version Download (606kB) | Preview |
|
Text
40215014_BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 30 September 2026. Download (645kB) |
||
|
Text
40215014_BAB V.pdf - Accepted Version Download (148kB) | Preview |
|
|
Text
40215014_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (335kB) | Preview |
|
Text
40215014_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 30 September 2026. Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil wawancara yang dilakukan di SD N Negarayu 02 bahwa hasil belajar kognitif siswa masih rendah dengan nilai dibawah 65 pada mata pelajaran matematika, tersedianya sarana teknologi informasi dan komunikasi seperti laptop dan LCD proyektor tetapi tidak diimbangi dengan tersedianya media pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah mengembangkan media pembelajaran interaktif macromedia flash 8 untuk siswa kelas IV SD pada pembelajaran matematika materi pecahan yang memenuhi kriteria kualitas yang baik? (2) Bagaimanakah keefektifan media pembelajaran interaktif macromedia flash 8 untuk siswa kelas IV SD pada pembelajaran matematika materi pecahan yang dihasilkan?. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengembangkan produk berupa media pembelajaran interaktif macromedia flash 8 untuk siswa kelas IV SD pada pembelajaran matematika materi pecahan yang memenuhi kriteria kualitas yang baik. (2) Mengetahui keefektifan media pembelajaran interaktif macromedia flash 8 untuk siswa kelas IV SD pada pembelajaran matematika materi pecahan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Pengembangan perangkat pembelajaran yang digunakan dengan model 4D dengan 4 tahapan (Define, Design, Development, Desiminate). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas IV SD Negeri Negarayu 02. Instrumen pengambilan data dengan wawancara, angket dan test. Dilanjutkan dengan teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji hipotesis dan uji ketuntasan KKM. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hasil validasi ahli media memperoleh nilai dengan kategori A “sangat baik”. Hasil validasi ahli materi memperoleh nilai dengan kategori A “sangat baik”. Dan hasil respon peserta didik dalam uji coba terbatas menyatakan media pembelajaran interaktif macromedia flash 8 memperoleh kategori baik dan praktis.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif, Macromedia flash 8, Hasil Belajar |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 |
Depositing User: | Nidzom Muhammad |
Date Deposited: | 14 Dec 2019 02:49 |
Last Modified: | 14 Dec 2019 04:05 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/635 |
Actions (login required)
View Item |