Search for collections on Repository Universitas Peradaban

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN ARIAS BERBANTUAN MEDIA JAM PECAHAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI CIBENTANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Ningrum, Wulan Agustia (NIM.40215099) (2019) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN ARIAS BERBANTUAN MEDIA JAM PECAHAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI CIBENTANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.

[img]
Preview
Text
40215099_Halaman Depan.pdf - Accepted Version

Download (629kB) | Preview
[img]
Preview
Text
40215099_BAB I.pdf - Accepted Version

Download (159kB) | Preview
[img] Text
40215099_BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 30 September 2026.

Download (517kB)
[img]
Preview
Text
40215099_BAB III.pdf - Accepted Version

Download (444kB) | Preview
[img] Text
40215099_BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 30 September 2026.

Download (419kB)
[img]
Preview
Text
40215099_BAB V.pdf - Accepted Version

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
40215099_Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (193kB) | Preview
[img] Text
40215099_Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 30 September 2026.

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini ditemukan sebagian besar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Cibentang memiliki hasil belajar yang rendah. Selain itu ditemukan pula dalam proses pembelajaran guru masih menggunakan model dan media pembelajaran konvensional, bahkan tidak menggunakan media sama sekali. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran ARIAS berbantuan media jam pecahan lebih baik dari model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen dengan bentuk Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Cibentang Tahun Pelajaran 2019/2020. Teknik sampel yang digunakan adalah Cluster Random Sampling. Sampel penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Cibentang 01 dan Sekolah Dasar Negeri Cibentang 03 berjumlah 73 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji keseimbangan, dan uji t sampel Independen. Hasil penelitian diperoleh thitung sebesar 3,470 dengan taraf signifikansi 5% atau 0,05 maka diperoleh ttabel 2,380 sehingga thitung > ttabel. Jadi H0 ditolak dan Ha dterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran ARIAS berbantuan media jam pecahan lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Cibentang Tahun Pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran ARIAS, Media Jam Pecahan, Hasil Belajar Matematika
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.2 Administrasi Sekolah, Manajemen Sekolah, Kepala Sekolah, Biaya Sekolah, Mutu Pendidikan > Hasil Belajar, Penilaian Pembelajaran, Prestasi Siswa
300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Nidzom Muhammad
Date Deposited: 14 Dec 2019 06:36
Last Modified: 14 Dec 2019 06:36
URI: https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/636

Actions (login required)

View Item View Item