Search for collections on Repository Universitas Peradaban

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PADA MATERI LINGKARAN KELAS XI SMK

Khasanah, Ma'rifatul (2016) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PADA MATERI LINGKARAN KELAS XI SMK. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.

[img] Text
40312020_Halaman Awal.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only until 31 December 2017.

Download (635kB)
[img] Text
40312020_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 31 December 2017.

Download (116kB)
[img] Text
40312020_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 31 December 2017.

Download (248kB)
[img] Text
40312020_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 31 December 2017.

Download (364kB)
[img] Text
40312020_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 31 December 2017.

Download (282kB)
[img] Text
40312020_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 31 December 2017.

Download (146kB)
[img] Text
40312020_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 31 December 2017.

Download (72kB)
[img] Text
40312020_Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Hasil UAS ganjil tahun 2015/2016 kelas XI diketahui bahwa rata-rata nilai UAS matematika masih dibawah standar KKM, dimana standar KKM adalah 67. Analisis terhadap hasil soal uraian UAS matematika, pada nomor 34 diperoleh hasil kemampuan komunikasi matematis peserta didik rendah. Wawancara dengan pendidik kelas XI diperoleh informasi bahwa aktivitas belajar peserta didik juga monoton. Uraian masalah yang telah dipaparkan maka, dirumuskan masalah apakah pembelajaran menggunakan model Guided Discovery dengan pendekatan konstruktivisme terhadap kemampuan komunikasi matematis dapat dikatakan efektif? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektivan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Guided Discovery dengan pendekatan konstruktivisme terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Manfaat dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas peserta didik dalam pembelajaran dan meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik dapat meningkat. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI Akuntansi SMK Ma’arif NU 01 Paguyangan tahun pelajaran 2015/2016. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas XI Akuntansi 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI Akuntansi 2 sebagai kelas kontrol yang ditentukan melalui teknik Cluster Random Sampling. Data dianalisis dengan uji ketuntasan, uji proporsi, uji beda rata-rata, dan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata hasil tes komunikasi matematis kelas eksperimen adalah sebesar 82 dan nilai rata-rata hasil tes komunikasi matematis kelas kontrol adalah sebesar 77. Hal ini terbukti dari nilai rata-rata kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas eksperimen melampaui KKM yaitu 67 dengan proporsi peserta didik yang tuntas melebihi 75%. Selain itu hasil perhitungan uji-t diperoleh bahwa nilai rata-rata hasil tes komunikasi matematis kelas eksperimen lebih baik dari nilai rata-rata hasil tes komunikasi matematis kelas kontrol. Uji regresi sederhana diperoleh persamaan regresi menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif peningkatan aktivitas peserta didik terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis peserta didik sebesar 77,6%. Uraian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Guided Discovery dengan pendekatan konstruktivisme efektif terhadap kemampuan komunikasi matematis pada materi lingkaran kelas XI SMK.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Guided Discovery, Pendekatan Konstruktivisme, Kemampuan Komunikasi Matematis
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar
300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Menengah, Pendidikan Lanjutan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: S.Sos Muhaniz Muhaniz
Date Deposited: 13 Apr 2017 11:51
Last Modified: 13 Apr 2017 11:51
URI: https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/64

Actions (login required)

View Item View Item