Amalia, Rizqi (2016) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFE) DIKOLABORASIKAN DENGAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
Text
40312027_HALAMAN_DEPAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only until 31 December 2017. Download (1MB) |
|
Text
40312027_BAB I.pdf - Published Version Restricted to Registered users only until 31 December 2017. Download (269kB) |
|
Text
40312027_BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2017. Download (341kB) |
|
Text
40312027_BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2017. Download (509kB) |
|
Text
40312027_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2017. Download (533kB) |
|
Text
40312027_BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2017. Download (186kB) |
|
Text
40312027_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2017. Download (90kB) |
Abstract
Permasalahan utama dalam dunia pendidikan matematika di Indonesia adalah rendahnya prestasi siswa dan kurangnya minat mereka dalam belajar matematika. Berdasarkan masalah tersebut diperlukan pembelajaran matematika yang inovatif adalah dengan menerapkan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) dikolaborasikan dengan pendekatan Problem Based Learning (PBL). Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang mendapatkan pembelajaran SFE dikolaborasikan dengan pendekatan PBL tuntas baik secara klasikal, rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang mendapat pembelajaran SFE dikolaborasikan dengan pendekatan PBL lebih baik dari rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang mendapat pembelajaran konvensional, adanya pengaruh aktivitas terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Ma’arif NU 1 Bantarkawung tahun pelajaran 2015/2016 yang terdiri dari enam kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil secara simple random sampling dan terpilih kelas X TKJ 2 sebagai kelas eksperimen dengan pembelajaran model SFE dikolaborasikan dengan pendekatan PBL, dan kelas X TKJ 1 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran Konvensional. Data diperoleh dengan metode tes, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan uji ketuntasan individual, uji proporsi, uji beda rata-rata, analisis regresi sederhana, dan uji R. Hasil penelitian menyatakan presentase ketuntasan belajar secara klasikal siswa 90,62%, dengan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika kelas eksperimen adalah 80,53, kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas eksperimen lebih baik dari kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas kontrol, dan ada pengaruh aktivitas siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran SFE dikolaborasikan dengan pendekatan PBL efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Model Pembelajaran SFE, Pendekatan PBL. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Menengah, Pendidikan Lanjutan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika - S1 |
Depositing User: | S.Sos Muhaniz Muhaniz |
Date Deposited: | 15 Apr 2017 09:29 |
Last Modified: | 15 Apr 2017 09:29 |
URI: | http://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/65 |
Actions (login required)
View Item |