Inayati, Ati (2016) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY BERMUATAN SIKAP KEMANDIRIAN SISWA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
Text
40312014_HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only until 31 December 2017. Download (258kB) |
||
Text
40312014_BAB I.pdf - Published Version Restricted to Registered users only until 31 December 2017. Download (280kB) |
||
Text
40312014_BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2017. Download (141kB) |
||
Text
40312014_BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2017. Download (173kB) |
||
|
Text
40312014_BAB IV.pdf Download (222kB) | Preview |
|
Text
40312014_BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2017. Download (57kB) |
||
Text
40312014_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2017. Download (112kB) |
||
Text
40312014_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2017. Download (3MB) |
Abstract
Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa menjadi salah satu masalah dalam penelitian ini. Nilai rata-rata ulangan harian yang diperoleh siswa dibawah KKM dan tahapan dalam kemampuan pemecahan masalah siswa masih kurang diterapkan oleh siswa. Pembelajaran dengan model discovery merupakan salah satu alternatif yang dapat dilakukan untuk menjadikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa lebih baik. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran discovery bermuatan sikap kemandirian terhadap kemampuan pemecahan masalah. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Wicaksana Al-Hikmah Sirampog. Teknik simple random sampling terpilih dua kelas sampel yaitu kelas XI.1 Farmasi sebagai kelas eksperimen dan kelas XI.2 Farmasi sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji ketuntasan belajar, uji beda rat-rata dan uji regresi. Hasil penelitian ini diperoleh nilai rata-rata hasil kemampuan pemecahan masalah matematika kelas eksperimen adalah sebesar 83 dan nilai rata-rata hasil kemampuan pemecahan masalah matematika pada kelas kontrol adalah sebesar 77,609. Hal ini terbukti dari nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika kelas eksperimen melampaui KKM yaitu 75 dengan proporsi peserta didik yang tuntas melebihi 75%. Hasil perhitungan uji-t diperoleh bahwa nilai rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas eksperimen lebih baik dari nilai rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas kontrol. Uji regresi sederhana diperoleh persamaan regresi menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif sikap kemandirian siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika sebesar 88,3%. Uraian diatas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran discovery bermuatan sikap kemandirian siswa efektiv terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Discovery, Sikap Kemandirian, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, SMK Wicakasana |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Menengah, Pendidikan Lanjutan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika - S1 |
Depositing User: | S.Sos Muhaniz Muhaniz |
Date Deposited: | 15 Apr 2017 10:06 |
Last Modified: | 15 Apr 2017 10:06 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/67 |
Actions (login required)
View Item |