Search for collections on Repository Universitas Peradaban

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DENGAN PENDEKATAN REALISTIK SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DI SMP NEGERI 3 PAGUYANGAN

Aditya, Fery (2016) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DENGAN PENDEKATAN REALISTIK SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DI SMP NEGERI 3 PAGUYANGAN. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.

[img] Text
40312006_HALAMAN AWAL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 31 December 2017.

Download (329kB)
[img] Text
40312006_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only until 31 December 2017.

Download (298kB)
[img] Text
40312006_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 31 December 2017.

Download (152kB)
[img] Text
40312006_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 31 December 2017.

Download (207kB)
[img] Text
40312006_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 31 December 2017.

Download (250kB)
[img] Text
40312006_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 31 December 2017.

Download (50kB)
[img] Text
40312006_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 31 December 2017.

Download (54kB)
[img] Text
40312006_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 31 December 2017.

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui rata-rata kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dengan pendekatan realistik dapat melampaui Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), mengetahui rata-rata kemampuan berpikir kreatif matematis antara kelas yang diberi penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dengan pendekatan realistik lebih baik dari pada kelas yang menggunakan model ekspositori kelas VIII SMP Negeri 3 Paguyangan, mengetahui apakah terdapat pengaruh yang positif dari aktivitas peserta didik terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik yang diajar menggunakan model Student Facilitator and Explaining dengan pendekatan realistik Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Paguyangan tahun pelajaran 2015/2016. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol yang ditentukan melalui teknik Cluster Random Sampling. Data dianalisis dengan uji ketuntasan, uji proporsi, uji beda rata-rata, dan analisis regresi sederhana. Berdasarkan hasil penelitian, nilai rata-rata hasil tes berpikir kreatif matematis kelas eksperimen adalah sebesar 81,7 dan nilai rata-rata hasil tes berpikir kreatif matematis kelas kontrol adalah sebesar 78,1. Hal ini terbukti dari nilai rata-rata kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik kelas eksperimen melampaui KKM yaitu 70 dengan proporsi peserta didik yang tuntas melebihi 75%. Selain itu hasil perhitungan uji-t diperoleh bahwa nilai rata-rata hasil tes berpikir kreatif matematis kelas eksperimen lebih baik dari nilai rata-rata hasil tes berpikikreatifr matematis kelas kontrol. Uji regresi sederhana diperoleh persamaan regresi y ̂=-7,901+1,131x menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif peningkatan aktivitas peserta didik terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik sebesar 84,1%. Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dengan pendekatan realistik efektif terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis kelas VIII.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining, Pendekatan Realistik, Kemampuan Berpikir Kreatif, Aktivitas, SMP Negeri 3 Paguyangan
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar
300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Menengah, Pendidikan Lanjutan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: S.Sos Muhaniz Muhaniz
Date Deposited: 15 Apr 2017 10:48
Last Modified: 15 Apr 2017 10:48
URI: https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/69

Actions (login required)

View Item View Item