Subekti, Takwa Tri (2016) EFEKTIVITAS MODEL MEANS ENDS ANALYSIS BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
Text
40311020_Halaman Awal.pdf - Published Version Restricted to Registered users only until 31 December 2017. Download (267kB) |
|
Text
40311020_Bab I.pdf - Published Version Restricted to Registered users only until 31 December 2017. Download (260kB) |
|
Text
40311020_Bab II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2017. Download (263kB) |
|
Text
40311020_Bab III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2017. Download (275kB) |
|
Text
40311020_Bab IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2017. Download (241kB) |
|
Text
40311020_Bab V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2017. Download (50kB) |
|
Text
40311020_Daftar Pustaka.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2017. Download (22kB) |
|
Text
40311020_Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2017. Download (8MB) |
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah matematika perlu dikembangkan melalui jalur pendidikan untuk mengembangkan potensi siswa secara utuh dan bagi kemajuan ilmu pengetahuan dan seni. Untuk mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa diperlukan suatu model pembelajaran yang tepat yaitu model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) berbantuan Geogebra. Analisis hasil kemampuan pemecahan masalah matematika materi persamaan garis singgung lingkaran pada siswa kelas XI SMA Islam Ta’allumul Huda Bumiayu, menunjukan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa masih rendah. Oleh karena itu, fokus materi pada penelititian ini adalah kemampuan pemecahan masalah pada materi persamaan garis singgung lingkaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang mendapatkan pembelajaran MEA berbantuan Geogebra tuntas KKM, rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang mendapat pembelajaran MEA berbantuan Geogebra lebih baik dari rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang mendapat pembelajaran konvensional, adanya pengaruh keterampilan proses terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Islam Ta’allumul Huda Bumiayu tahun pelajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah secara simple random sampling, terpilih kelas XI.1 sebagai kelas uji coba, kelas XI.2 sebagai kelas eksperimen dengan pembelajaran MEA berbantuan Geogebra dan kelas XI.4 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Data diperoleh dengan metode observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Data dianalisis dengan uji One Sample Test, uji proporsi, uji Indenpendent Samples Test, dan uji Regression. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas eksperimen adalah 78,03 dengan presentase ketuntasan belajar siswa secara proporsi yaitu 87,88%, rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan model pembelajaran MEA berbantuan Geogebra yaitu 78,03 lebih baik dari kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan model pembelajaran konvensional yaitu 72,44, dan terdapat pengaruh keterampilan proses siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran MEA berbantuan Geogebra yaitu sebesar 75,1%. Berdasarkan uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran MEA berbantuan Geogebra efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa, Keterampilan Proses, Model Pembelajaran MEA Berbantuan Geogebra. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Menengah, Pendidikan Lanjutan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika - S1 |
Depositing User: | S.Sos Muhaniz Muhaniz |
Date Deposited: | 15 Apr 2017 14:47 |
Last Modified: | 15 Apr 2017 14:47 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/74 |
Actions (login required)
View Item |