NURKHAFIDHOH, Charlina (2020) ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR DAN GENDER DI SDN 3 KEDUNGURANG TAHUN AJARAN 2019/2020. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
PDF (COVER)
COVER-Charlina Nurkhafidhoh-.40216008-Skripsi-2020.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-Charlina Nurkhafidhoh-.40216008-Skripsi-2020.docx - Published Version Download (26kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I-Charlina Nurkhafidhoh-.40216008-Skripsi-2020.pdf - Published Version Download (5MB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II-Charlina Nurkhafidhoh-.40216008-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III-Charlina Nurkhafidhoh-.40216008-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV-Charlina Nurkhafidhoh-.40216008-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V-Charlina Nurkhafidhoh-.40216008-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-Charlina Nurkhafidhoh-.40216008-Skripsi-2020.pdf - Published Version Download (5MB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-Charlina Nurkhafidhoh-.40216008-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V SDN 3 Kedungurang pada mata pelajaran matematika, salah satunya dalam pembelajaran soal cerita matematika. Permasalahan yang muncul adalah bagaimana kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika ditinjau dari gaya belajar, bagaimana kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika ditinjau dari gender, bagaimana kesulitan siswa laki-laki dalam menyelesaikan soal cerita matematika ditinjau dari gaya belajar, bagaimana kesulitan siswa perempuan dalam menyelesaikan soal cerita matematika ditinjau dari gaya belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita ditinjau dari gaya belajar, gender, siswa laki -laki ditinjau dari gaya belajar dan siswa perempuan ditinjau dari gaya belajar. Prosedur analisis yang digunakan adalah prosedur newman. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket, tes, dan wawancara dengan subjek penelitian sejumlah 11 siswa. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, gaya belajar yang paling dominan yaitu gaya belajar visual sebanyak 8 siswa sedangkan gaya belajar auditorial dan kinestetik sebanyak 7 siswa, ketiga gaya belajar tersebut memiliki kesalahan sesuai dengan prosedur newman. Kedua, siswa laki-laki dan perempuan mengalami kesalahan sesuai prosedur newman yaitu memahami masalah, transformasi, proses perhitungan dan menarik kesimpulan. Ketiga, siswa laki-laki dengan gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik mengalami kesalahan memahami masalah, transformasi, proses perhitungan dan menarik kesimpulan. Keempat, siswa perempuan mengalami kesalahan memahami masalah, transformasi, proses perhitungan, dan menarik kesimpulan. Solusi yang ditawarkan untuk meminimalisir kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita adalah dengan memperbanyak latihan mengerjakan soal cerita.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesulitan Siswa, Soal Cerita, Prosedur Newman, Gaya Belajar dan Gender |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > Matematika atau Berhitung untuk Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 |
Depositing User: | Nidzom Muhammad |
Date Deposited: | 29 Aug 2022 07:08 |
Last Modified: | 29 Aug 2022 07:08 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/894 |
Actions (login required)
View Item |