MUSTOFA, Faoji Ali (2020) IMPLEMENTASI HAFALAN AL-QUR’AN UNTUK PENDIDIKAN KARAKTER DI SD NEGERI BUMIAYU 04 KECAMATAN BUMIAYU KABUPATEN BREBES TAHUN AJARAN 2019/2020. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
PDF (COVER)
COVER-Faoji Ali Mustofa-40216020-Skripsi-2020.pdf - Published Version Download (816kB) |
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-Faoji Ali Mustofa-40216020-Skripsi-2020.docx - Published Version Download (15kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I-Faoji Ali Mustofa-40216020-Skripsi-2020.pdf - Published Version Download (177kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II-Faoji Ali Mustofa-40216020-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (320kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III-Faoji Ali Mustofa-40216020-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (159kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV-Faoji Ali Mustofa-40216020-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (398kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V-Faoji Ali Mustofa-40216020-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (197kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-Faoji Ali Mustofa-40216020-Skripsi-2020.pdf - Published Version Download (191kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-Faoji Ali Mustofa-40216020-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi pelaksanaan kegiatan hafalan Al-Qur’an sebagai kegiatan pembentukan pendidikan karakter di SD Negeri Bumiayu 04. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi kegiatan hafalan Al-Qur’an mengenai nilai-nilai karakter dan kendala-kendala yang ada dalam kegiatan hafalan Al-Qur’an di SD Negeri Bumiayu 04. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kegiatan hafalan Al-Qur’an untuk pendidikan karakter di SD Negeri Bumiayu 04 mencakup 3 proses yaitu : 1) Perencanaan kegiatan hafalan Al-Qur’an 2) Pelaksanaan kegiatan hafalan Al-Qur’an 3) Evaluasi kegiatan hafalan Al-Qur’an. Adapun nilai-nilai karakter dalam kegiatan hafalan Al-Qur’an di SD Negeri Bumiayu yaitu percaya diri, kerja keras, menghargai waktu, berpikir positif, menjaga amanah dan tanggung jawab. Untuk kendala-kendala yang ditemukan dalam kegiatan hafalan Al-Qur’an diantaranya rasa malas pada siswa, tenaga pengajar kurang, terbatasnya waktu, lingkungan, dan rasa lupa
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hafalan, Nilai-nilai Karakter, Pendidikan Karakter, Peserta didik |
Subjects: | 200 Agama > 297 Agama Islam > 297.1 Sumber-Sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > Alquran dan Hadits; Membaca Alquran, Hafalan Alquran 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > Etika Pendidikan, Pendidikan Moral, Pendidikan Karakter |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 |
Depositing User: | Nidzom Muhammad |
Date Deposited: | 01 Sep 2022 02:55 |
Last Modified: | 01 Sep 2022 02:55 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/905 |
Actions (login required)
View Item |