JANINGSIH, Lia (2020) PENGELOLAAN KELAS INKLUSI DI SD NEGERI AJIBARANG WETAN. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
PDF (COVER)
COVER-Lia Janingsih-40216030-Skripsi-2020.pdf - Published Version Download (93kB) |
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-Lia Janingsih-40216030-Skripsi-2020.docx - Published Version Download (18kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I-Lia Janingsih-40216030-Skripsi-2020.pdf - Published Version Download (109kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II-Lia Janingsih-40216030-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (185kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III-Lia Janingsih-40216030-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (114kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV-Lia Janingsih-40216030-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (207kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V-Lia Janingsih-40216030-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (62kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-Lia Janingsih-40216030-Skripsi-2020.pdf - Published Version Download (92kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-Lia Janingsih-40216030-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (577kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya suatu pengelolaan di dalam kelas inklusi agar semua peserta didiknya dapat mencapai tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan kelas inklusi dilihat dari faktor lingkungan fisik, sosio-emosional, dan organisadional di SD Negeri Ajibarang Wetan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas V dan guru koordinator pendidikan inklusi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sudah melaksanakan pengelolaan kelas dengan baik, adanya dukungan lingkungan fisik yang memadai yaitu ruang kelas cukup besar. Posisi tempat duduk siswa diubah secara perodik, ventilasi dan pencahayaan yang cukup, barang-barang ditata dengah rapih. Kemudian kondisi sosio-emosioanal meliputi, tipe kepimpinan guru secara demokrasi atau menyeluruh, kemudian sikap guru dalam menegur siswa yang salah dengan cara yang baik dan mendidik. Hubungan baik guru dengan siswa perlu diperhatikan dengan pendekatan invidual. Serta faktor organisasional diantaranya, saat pergantian jam pelajaran guru menugaskan ketua kelas untuk mengawasi teman-temannya, ketika ada guru yang berhalangan hadir guru piket bertugas menggantikannya, apabila guru yang berhalangan hadir adalah guru mata pelajaran guru kelaslah yang menggantikannya. Untuk masalah antar siswa guru tidak membela pihak manapun semuanya dianggap salah dan harus saling meminta maaf.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengelolaan, Kelas, dan Inklusi |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.1 Guru, Manajemen Kelas > Manajemen Kelas, Pengajaran 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.9 Pendidikan Khusus, Sekolah Luar Biasa |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 |
Depositing User: | Nidzom Muhammad |
Date Deposited: | 07 Sep 2022 03:21 |
Last Modified: | 07 Sep 2022 03:21 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/917 |
Actions (login required)
View Item |