NINGRUM, Nissysari (2020) PERAN GURU DALAM MANAJEMEN KELAS BERBASIS KERJA KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA KELAS IV B SD ISLAM TA’ALLUMUL HUDA BUMIAYU. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
PDF (COVER)
COVER-40216041-Nissysari Ningrum-Skripsi-2020.pdf - Published Version Download (701kB) |
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-40216041-Nissysari Ningrum-Skripsi-2020.doc - Published Version Download (31kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I-40216041-Nissysari Ningrum-Skripsi-2020.pdf - Published Version Download (100kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II-40216041-Nissysari Ningrum-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (224kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III-40216041-Nissysari Ningrum-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (224kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV-40216041-Nissysari Ningrum-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (249kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V-40216041-Nissysari Ningrum-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (157kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-40216041-Nissysari Ningrum-Skripsi-2020.pdf - Published Version Download (186kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-40216041-Nissysari Ningrum-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam manajemen kelas berbasis kerja kelompok untuk meningkatkan motivasi siswa kelas IV B SD Islam Ta’allumul Huda Bumiayu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas IV B dan guru pendamping kelas IV B. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data mengunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru dalam manajemen kelas dengan pendekatan kerja kelompok memiliki berbagai peranan. Adapun peran guru tersebut adalah sebagai perencana yang dilakukan disesuaikan dengan kebutuhan pembelajaran dan karakteristik siswa, sebagai pelaksana yang dilakukan sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat dengan mempertimbangkan efesiensi dan efektivitas, sebagai evaluator yang dilakukan dengan menilai kegiatan pembelajaran dan manajemen kelas berbasis kerja kelompok yang sudah dilaksanakan, sebagai fasilitator yang dilakukan dengan memfasilitasi kebutuhan siswa dalam pembelajaran, serta sebagai organisator yang dilakukan dengan memonitor dan mengatur kegiatan pembelajaran dan manajemen kelas berbasis kerja kelompok agar dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, sehingga tujuan pembelajaran yang telah ditentukan dapat tercapai.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru, Manajemen Kelas, Pendekatan Kerja Kelompok |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.1 Guru, Manajemen Kelas |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 |
Depositing User: | Nidzom Muhammad |
Date Deposited: | 08 Sep 2022 05:51 |
Last Modified: | 08 Sep 2022 05:51 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/933 |
Actions (login required)
View Item |