FERONIKA, : Sindi Elva (2020) PENGEMBANGAN BUKU AJAR BERBASIS STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SD. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
PDF (COVER)
COVER-Sindi Elva Feronika-40216054-Skripsis-2020.pdf - Published Version Download (679kB) |
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-Sindi Elva Feronika-40216054-Skripsis-2020.docx - Published Version Download (16kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I-Sindi Elva Feronika-40216054-Skripsis-2020.pdf - Published Version Download (218kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II-Sindi Elva Feronika-40216054-Skripsis-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (277kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III-Sindi Elva Feronika-40216054-Skripsis-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (248kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV-Sindi Elva Feronika-40216054-Skripsis-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (494kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V-Sindi Elva Feronika-40216054-Skripsis-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-Sindi Elva Feronika-40216054-Skripsis-2020.pdf - Published Version Download (310kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-Sindi Elva Feronika-40216054-Skripsis-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Berdasarkan permasalahan utama yang ditemukan melalui kegiatan observasi buku ajar yang sering dijumpai hanya berisi tentang materi sehingga membuat siswa merasa bosan. Kurangnya pemanfaatan media oleh guru dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian untuk mengembangkan buku ajar berbasis pendekatan STEM dan untuk menghasilkan kelayakan produk buku ajar berbasis pendekatan STEM di kelas IV SD. Subjek penelitian buku ajar berbasis pendekatan STEM adalah 2 Dosen sebagai ahli media dan ahli isi materi, 1 Guru kelas IV, dan siswa kelas IV. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dan pendekatan research and development (R & D) dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Development dan Dissemination), adapun teknik pengumpulan data menggunakan menggunakan observasi, wawancara angket dan tes. Nilai rata-rata tes peserta didik sebelum uji coba buku ajar berbasis pendekatan STEM adalah 44,00, dan setelah menggunakan buku ajar berbasis pendekatan STEM meningkat menjadi 64,00 pada percobaan tes ke dua dan 78,00 pada tes remidial. Ketuntasan belajar secara klasikal juga mengalami peningkatan, sebelum penggunaan buku ajar berbasis pendekatan STEM ketuntasan belajar secara klasikal adalah 0 %, dan setelah digunakan buku ajar berbasis pendekatan STEM meningkat menjadi 40 % pada percobaan ke dua dan 100 % pada tes remidial. Hasil penelitian menunjukan bahwa buku ajar berbasis pendekatan STEM layak digunakan sebagai media pembelajaran berdasarkan penilaian ahli media 3,93 dan ahli materi 3,25 skor penilaian dengan kategori “Layak”. Peneliti menyimpulkan STEM dapat memberikan pengaruh positif dalam pembelajaran yang dilakukan dan dapat meningkatkan kemampuan yang dimiliki oleh siswa salah satunya kemampuan pemahaman matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Buku Ajar STEM, Pembelajaran IPA |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > Sains, IPA, Teknologi dan Kesehatan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 |
Depositing User: | Nidzom Muhammad |
Date Deposited: | 11 Sep 2022 02:17 |
Last Modified: | 11 Sep 2022 02:17 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/947 |
Actions (login required)
View Item |