SEJAHTERA, Susanto Muji (2020) EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN PROJECT BASED LEARNING DITINJAU DARI KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS V SD NEGERI SE-KECAMATAN LUMBIR TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
PDF (COVER)
COVER-Susanto Muji Sejahtera-40216021-Skripsi-2020.pdf - Accepted Version Download (656kB) |
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-Susanto Muji Sejahtera-40216021-Skripsi-2020.docx - Published Version Download (19kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I-Susanto Muji Sejahtera-40216021-Skripsi-2020.pdf - Published Version Download (127kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II-Susanto Muji Sejahtera-40216021-Skripsi-2020.pdf - Published Version Download (146kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III-Susanto Muji Sejahtera-40216021-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (213kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV-Susanto Muji Sejahtera-40216021-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (267kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V-Susanto Muji Sejahtera-40216021-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-Susanto Muji Sejahtera-40216021-Skripsi-2020.pdf - Published Version Download (109kB) |
|
PDF (BAB V)
LAMPIRAN-Susanto Muji Sejahtera-40216021-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya keterampilan berpikir kreatif siswa kelas V pada pembelajaran IPA yang disebabkan penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan antara siswa yang diajar dengan menggunakan model PBL (Problem Based Learning), PjBL (Project Based Learning), dan konvensional ditinjau dari keterampilan berpikir kreatif siswa kelas V SD Negeri se-Kecamatan Lumbir Tahun Pelajaran 2019/2020, serta untuk mengetahui manakah yang lebih baik antara pembelajaran dengan menggunakan model PBL (Problem Based Learning), PjBL (Project Based Learning), dan konvensional ditinjau dari keterampilan berpikir kreatif siswa kelas V SD Negeri se-Kecamatan Lumbir Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri se-Kecamatan Lumbir. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji analisis varians satu arah dengan sel tak sama. Penelitian yang telah direncanakan terkendala adanya wabah virus corona (Covid-19), sehingga tidak dapat dilaksanakan di lokasi penelitian. Oleh karena itu, peneliti hanya melaksanakan studi literatur terhadap penelitian terdahulu yang relevan dengan penelitian ini. Hasil penelitian diperoleh menunjukkan bahwa model PBL (Problem Based Learning) dapat memengaruhi keterampilan berpikir kritis hasil belajar IPA, hasil belajar matematika, hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan, minat belajar, prestasi siswa pada pembelajaran kimia, motivasi, dan kemampuan pemecahan masalah siswa. Model PjBL (Project Based Learning) dapat memengaruhi hasil belajar IPA, hasil belajar kewarganegaraan, kreativitas, sikap ilmiah, pemahaman, hasil belajar matematika, kepercayaan diri dalam menulis puisi, kemampuan penalaran operasional konkret, kemampuan berpikir kritis IPA, serta aktivitas siswa dalam pembelajaran. Keterampilan berpikir kreatif dapat dipengaruhi model pembelajaran berdasarkan atau berbasis masalah, model pembelajaran inkuiri, model problem based learning, model learning cycle, model discovery learning, model project based learning, model pembelajaran kooperatif tipe TPS, serta pendekatan saintifik
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran, model PBL, model PjBL, keterampilan berpikir kreatif |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 |
Depositing User: | Nidzom Muhammad |
Date Deposited: | 13 Sep 2022 07:16 |
Last Modified: | 13 Sep 2022 07:16 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/962 |
Actions (login required)
View Item |