RAMADHAN, Nico Dwi Cahya (2020) KEUNGGULAN PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERDASARKAN HASIL LITERATURE REVIEW. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
PDF (COVER)
COVER-Nico Dwi Cahya Ramadhan-40216071-Skripsi-2020.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-Nico Dwi Cahya Ramadhan-40216071-Skripsi-2020.docx - Published Version Download (17kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I-Nico Dwi Cahya Ramadhan-40216071-Skripsi-2020.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II-Nico Dwi Cahya Ramadhan-40216071-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III-Nico Dwi Cahya Ramadhan-40216071-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV-Nico Dwi Cahya Ramadhan-40216071-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V-Nico Dwi Cahya Ramadhan-40216071-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-Nico Dwi Cahya Ramadhan-40216071-Skripsi-2020.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-Nico Dwi Cahya Ramadhan-40216071-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dari permasalahan pembelajaran IPA yang dianggap sulit oleh sebagian siswa Sekolah Dasar, model pembelajaran yang kurang menarik serta hasil belajar yang rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat Efektivitas pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning dengan pendeketan kontekstual pada mata pelajaran IPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif bersifat studi kepustakaan (library research). Data-data yang berkaitan dengan penelitian diperoleh dari hasil penelitian- penelitian terbaru yang relevan berkaitan dengan model pembelajaran problem based learning dengan pendekatan kontekstual pada siswa Sekolah Dasar yang diperoleh dari literatur-literatur berupa jurnal, buku, internet, artikel ilmiah, skripsi, laporan penelitian/ilmiah dan sumber pustaka yang relevan. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Organize, Synthesize, Dan Identifity. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan kontekstual efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah serta meningkatkan prestasi belajar siswa. Saran dari penelitian ini adalah pendidik hendaknya lebih mengembangkan model pembelajaran yang digunakan terutama pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di Sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran, Model PBL, Pendekatan Kontekstual, Kemampuan Pemecahan Masalah, Pembelajaran IPA SD |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 |
Depositing User: | Nidzom Muhammad |
Date Deposited: | 17 Sep 2022 04:02 |
Last Modified: | 17 Sep 2022 04:02 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/983 |
Actions (login required)
View Item |