ANISA, Muttiara Nur (2023) PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 CINGEBUL. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-Muttiara Nur Anisa-40219056-Skripi-2023.docx - Published Version Download (14kB) |
|
PDF (COVER)
cover-Muttiara Nur Anisa-40219056-Skripsi2023.pdf - Published Version Download (813kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I-Muttiara Nur Anisa-40219056-Skripi-2023.pdf - Published Version Download (111kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II-Muttiara Nur Anisa-40219056-Skripi-2023.pdf - Published Version Download (128kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III-Muttiara Nur Anisa-40219056-Skripi-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV-Muttiara Nur Anisa-40219056-Skripsii-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (160kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V-Muttiara Nur Anisa-40219056-Skripsi-2023.pdf - Published Version Download (113kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka-Muttiara Nur Anisa-40219056-Skripi-2023.pdf - Published Version Download (99kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
Lampiran-Muttiara Nur Anisa-40219056-Skripi-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (594kB) |
|
PDF (ARTIKEL)
Artikel-Muttiara Nur Anisa-40219056-Skripi-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (210kB) |
Abstract
Keterampilan membaca pemahaman dilatar belakangi oleh rendahnya minat membaca siswa yang berdampak pada hasil belajar yang kurang efektif dalam membaca pemahaman. Keterampilan membaca pemahaman dapat diterapkan pada semua mata pelajaran, tidak hanya pada mata pelajaran tertentu saja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman pada pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan subyek penelitiannya pada guru dan siswa SD Negeri 2 Cingebul. Untuk memperoleh data penelitian, peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru kelas V berperan sebagai pendidik dapat melakukan beberapa hal yaitu melakukan kebiasaan sebelum pembelajaran, diantaranya berdoa, literasi baca, mengukas kembali materi, menyampaikan materi yang akan dipelajari beserta tujuan. Guru sebagai pembimbing guru sebagai sumber belajar dan sebagai fasilitator hendaknya memberikan bimbingan dan arahan dan berperan dalam upaya meningkatkan keterampilan membaca pemahaman, pemberian saran kepada siswa. Guru sebagai korektor dan guru sebagai evaluator dengan cara menilai dalam bentuk pemberian pertanyaan, menganalisis faktor pendukung dan faktor penghambat. Guru sebagai motivator dapat berperan dalam meningkatkan antusias siswa untuk meningkatkan keterampilan membaca. Peran guru sebagai Sebagai tenaga pendidik diharapkan guru mempertahankan perannya dalam meningkatkan pembelajaran membaca pemahaman. Bagii siswa diharapkan untuk semakin giat dalam membaca.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran guru, Keterampilan membaca pemahaman, SD |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.1 Guru, Manajemen Kelas 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > Membaca, Belajar Membaca, Kemampuan Membaca |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 |
Depositing User: | Users 514 not found. |
Date Deposited: | 09 Jan 2024 07:16 |
Last Modified: | 09 Jan 2024 07:16 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/1552 |
Actions (login required)
View Item |