NADA, Imroatun (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KODULAR BERBANTUAN QUIZWHIZZER UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI STATISTIKA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
![]() |
PDF (HALAMAN AWAL)
Halaman awal_Imroatun Nada_ 40320005_Skripsi 2024.pdf - Published Version Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
Abstrak_Imroatun Nada_ 40320005_Skripsi 2024.docx - Published Version Download (11kB) |
![]() |
PDF (BAB I)
Bab I_Imroatun Nada_ 40320005_Skripsi 2024.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (112kB) |
![]() |
PDF (BAB II)
Bab II_Imroatun Nada_ 40320005_Skripsi 2024.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (192kB) |
![]() |
PDF (BAB III)
Bab III_Imroatun Nada_ 40320005_Skripsi 2024.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (228kB) |
![]() |
PDF (BAB IV)
Bab IV_Imroatun Nada_ 40320005_Skripsi 2024.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (503kB) |
![]() |
PDF (BAB V)
Bab V_Imroatun Nada_ 40320005_Skripsi 2024.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (35kB) |
![]() |
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka_Imroatun Nada_ 40320005_Skripsi 2024.pdf - Published Version Download (106kB) |
![]() |
PDF (LAMPIRAN)
Lampiran_Imroatun Nada_ 40320005_Skripsi 2024.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL-Imroatun Nada-40320005-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (219kB) |
Abstract
Rendahnya minat belajar matematika siswa dikarenakan kurangnya pemahaman akan manfaat materi matematika di kehidupan sehari–hari serta media pembelajaran yang digunakan tidak berbasis teknologi sehingga peralatan teknologi yang ada di sekolah kurang dimanfaatkan. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana pengembangan media pembelajaran berbasis kodular berbantuan QuizWhizzer untuk meningkatkan minat belajar matematika berdasarkan kevalidan?, bagaimana pengembangan media pembelajaran berbasis kodular berbantuan QuizWhizzer untuk meningkatkan minat belajar matematika siswa berdasarkan kepraktisan?, bagaimana pengembangan media pembelajaran berbasis Kodular dan QuizWhizzer untuk meningkatkan minat belajar matematika siswa berdasarkan keefektifan?. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk berupa media pembelajaran menggunakan kodular berbantuan QuizWhizzer dan untuk mengetahui perbedaan minat belajar siswa sebelum dan sesudah penggunaan media pembelajaran. Pengembangan menggunakan model Four-D (4D) yang meliputi tahap Define (Pendefinisian), Design (Merancang), Development (Pengembangan), Dessemination (Penyebaran). Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, angket. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah angket validasi media, angket validasi materi, angket respon siswa (kepraktisan) dan angket minat (keefektifan). Teknik analisis data menggunakan uji validitas, reabilitas, uji noemalitas, uji paired sample t-test dan juga uji N gain. Hasil penelitian ini adalah: (1) Pengembangan media pembelajaran dengan menggunakan kodular berbantuan QuizWhizzer materi statistika sangat valid digunakan untuk meningkatkan minat belajar siswa. (2) uji coba produk media pembelajaran menggunakan kodular berbantuan QuizWhizzer materi statistika terhadap peserta didik memperokeh presentase rata-rata sebesar 72,917% dalam kriteria Praktis. (3) Peningkatan minat belajar siswa menggunakan Media pembelajaran menggunakan kodular berbantuan QuizWhizzer materi statistika berdasarkan skor gain sebesar 0,51 dengan kriteria sedang. Saran peneliti diharapkan media pembelajaran kodular berbantuan QuizWhizzer ini dapat digunakan sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran dan dapat dikembangkan lagi untuk menghasilkan produk yang lebih menarik serta effisien.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Kodular, QuizWhizzer, Minat Belaja | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 500 Ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika > Kemampuan Matematis; Pembelajaran Matematika; Riset Matematika |
||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika - S1 | ||||||
Depositing User: | S.E. Khozin Khozin | ||||||
Date Deposited: | 20 Mar 2025 06:13 | ||||||
Last Modified: | 20 Mar 2025 06:15 | ||||||
URI: | http://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/1643 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |