IRAWAN, Deni (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WORDPRESS UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
![]() |
PDF (HALAMAN AWAL)
COVER-Deni Irawan-40320012-Skripsi-2024.pdf - Published Version Download (238kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-Deni Irawan-40320012-Skripsi-2024.docx - Published Version Download (20kB) |
![]() |
PDF (BAB I)
BAB I-Deni Irawan-40320012-Skripsi-2024.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (163kB) |
![]() |
PDF (BAB II)
BAB II-Deni Irawan-40320012-Skripsi-2024.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (146kB) |
![]() |
PDF (BAB III)
BAB III-Deni Irawan-40320012-Skripsi-2024.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (165kB) |
![]() |
PDF (BAB IV)
BAB IV-Deni Irawan-40320012-Skripsi-2024.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (320kB) |
![]() |
PDF (BAB V)
BAB V-Deni Irawan-40320012-Skripsi-2024.pdf - Published Version Download (96kB) |
![]() |
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-Deni Irawan-40320012-Skripsi-2024.pdf - Published Version Download (102kB) |
![]() |
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-Deni Irawan-40320012-Skripsi-2024.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (883kB) |
![]() |
PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL-Deni Irawan-40320012-Skripsi-2024.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (124kB) |
Abstract
Kurangnya minat belajar matematika yang dilihat dari partisipasi dan keaktifan siswa pada saat pembelajaran, serta salah satu implementasi dari kurikulum merdeka adalah dengan memasukan teknologi dalam dunia pendidikan atau proses pembelajaran. Penelitian dan pengembangan dilakukan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis wordpress yang dapat meningkatkan minat belajar matematika di SMA Bustanul Ulum Bumiayu dengan melihat perbedaan minat siswa sebelum dan sesudah menggunakan media wordpress. Model R&D yang digunakan peneliti adalah 4D, dimana model ini memiliki beberapa tahapan yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Development (Pengembangan) dan Dissemination (Penyebaran). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara dan angket. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket validasi konstruk, angket validasi isi, angket respons siswa (kepraktisan) dan angket minat belajar matematika siswa. Teknik analisis data menggunakan uji paired sample t-test. (1) pengembangan media pembelajaran berbasis wordpress sangat valid digunakan untuk meningkatkan minat belajar siswa. (2) uji coba produk media pembelajaran berbasis wordpress terhadap peserta didik memperokeh presentase rata-rata sebesar 76% dalam kriteria Praktis. (3) peningkatan minat belajar siswa menggunakan media pembelajaran berbasis wordpress mencapai 6%. Saran peneliti media pembelajaran berbasis wordpress dapat digunakan sebagai alat bantu pada proses pembelajaran dan dapat diembangkan untuk menghasilkan media yang efektif dan efisien.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Wordpress, Minat Belajar. | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 500 Ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika > Kemampuan Matematis; Pembelajaran Matematika; Riset Matematika |
||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika - S1 | ||||||
Depositing User: | S.E. Khozin Khozin | ||||||
Date Deposited: | 17 Apr 2025 06:32 | ||||||
Last Modified: | 17 Apr 2025 06:34 | ||||||
URI: | http://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/1678 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |