Search for collections on Repository Universitas Peradaban

ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA ALGORITMA C4.5 DAN NAÏVE BAYES UNTUK KLASIFIKASI PENERIMAAN SISWA BARU (Studi Kasus: MTS Modern Al Azhary Ajibarang)

ROHMAH, Risa Nur (2024) ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA ALGORITMA C4.5 DAN NAÏVE BAYES UNTUK KLASIFIKASI PENERIMAAN SISWA BARU (Studi Kasus: MTS Modern Al Azhary Ajibarang). Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.

[img] PDF (HALAMAN AWAL)
COVER-RISA NUR ROHMAH-42419065-SKRIPSI-2024.pdf - Accepted Version

Download (804kB)
[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-RISA NUR ROHMAH-42419065-SKRIPSI-2024.docx - Accepted Version

Download (12kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I-RISA NUR ROHMAH-42419065-SKRIPSI-2024.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (125kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II-RISA NUR ROHMAH-42419065-SKRIPSI-2024.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (406kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III-RISA NUR ROHMAH-42419065-SKRIPSI-2024.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (183kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV-RISA NUR ROHMAH-42419065-SKRIPSI-2024.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (888kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V-RISA NUR ROHMAH-42419065-SKRIPSI-2024.pdf - Accepted Version

Download (5kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-RISA NUR ROHMAH-42419065-SKRIPSI-2024.pdf - Accepted Version

Download (151kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-RISA NUR ROHMAH-42419065-SKRIPSI-2024.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL-RISA NUR ROHMAH-42419065-SKRIPSI-2024.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (768kB)
[img] Other (PROGRAM)
ppdb.rar - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (26MB)

Abstract

Penerimaan peserta didik baru merupakan proses seleksi akademis calon siswa pada jenjang tertentu dengan aturan yang telah ditentukan. Menentukan siswa dan siswi yang bermutu dan berkualitas, maka dibutuhkan instrumen penilaian yang tepat dan akurat sehingga nantinya akan memperoleh siswa dan siswi sesuai dengan harapan sekolah. Dalam proses rekap penilaian masih menggunakan aplikasi Microsoft Excel. Hal ini rentan menyebabkan data penerimaan calon siswa baru tidak tepat sehingga membuat panitia kewalahan seperti mengurutkan perangkingan yang nilainya sama dan proses pengolahannya membutuhkan waktu yang lama. Data mining adalah gabungan sejumlah disiplin ilmu komputer yang mendefinisikan sebagai proses penemuan pola-pola baru dari kumpulan-kumpulan data sangat besar, meliputi metode-metode yang merupakan irisan dari artificial intelligence, machine learning, statistics, dan database systems. Algoritma yang digunakan adalah algoritma C4.5 dan algoritma Naïve Bayes. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat akurasi dari dua algoritma metode klasifikasi terhadap penerimaan peserta didik baru. Dataset yang digunakan sebanyak 187 data. Hasil klasifikasi menunjukan bahwa algoritma C4.5 memiliki nilai akurasi sebesar 97,3%. Sedangkan algoritma Naïve Bayes mendapatkan nilai akurasi sebesai 92,1%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa algoritma C4.5 dan algoritma Naïve Bayes mendapatkan hasil yang sangat baik, tetapi algoritma C4.5 memperoleh hasil yang lebih baik dibandingkan algoritma Naïve Bayes.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorNUGRAHA, Tezhar Rayendra Trastaronny PastikaNIDN.0619019201
Thesis advisorSARASWATI, Nurul MegaNIDN.0606069102
Uncontrolled Keywords: penerimaan peserta didik baru, data mining, c4.5, naïve bayes
Subjects: 000 Ilmu Komputer, Informasi dan Karya Umum > 000 Ilmu Umum; Ilmu Komputer dan Informasi > 004-Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika > Prinsip Matematika dalam Ilmu Komputer; Algoritma Komputer
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Informatika - S1
Depositing User: Nidzom Muhammad
Date Deposited: 01 Jul 2025 04:21
Last Modified: 01 Jul 2025 04:21
URI: http://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/1876

Actions (login required)

View Item View Item