ANAM, Rizqo Choerul (2020) MODEL KOMUNIKASI WORD OF MOUTH (WOM) SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN EFEKTIF DALAM MENARIK MINAT PENGUNJUNG AGROWISATA KARANG PENGINYONGAN KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
PDF (COVER)
COVER-Rizqo Choerul Anam-43215008-Skripsi-2020.pdf - Published Version Download (5MB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I-Rizqo Choerul Anam-43215008-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II-Rizqo Choerul Anam-43215008-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III-Rizqo Choerul Anam-43215008-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV-Rizqo Choerul Anam-43215008-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V-Rizqo Choerul Anam-43215008-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
PDF (BAB VI)
BAB VI-Rizqo Choerul Anam-43215008-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-Rizqo Choerul Anam-43215008-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-Rizqo Choerul Anam-43215008-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Kabupaten Banyumas memiliki keanekaragaman wisata dari wisata alam, budaya, dan religi. Agrowisata Karang Penginyongan (AKP) merupakan salah satu bentuk gabungan dari wisata alam dan budaya yang terletak di bagian barat Kabupaten Banyumas. Untuk memperkuat kualitas AKP maka di butuhkan teknik promosi yang tepat agar meningkatkan jumlah pengunjung dan menambah pemasukan untuk daerahnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model komunikasi Word of Mouth (WOM) sebagai strategi pemasaran efektif dalam menarik minat pengunjung Agrowisata Karang Penginyongan Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas. Dasar pemikiran yang digunakan adalah Teori Word of Mouth (WOM) oleh Kotler dan Keller. Penelitian kualitatif deskriptif ini menggunakan metode purposive sampling dalam menentukan subjek penelitian, diantaranya adalah Operasional Manager AKP (Agrowisata Karang Penginyongan) sebagai informan utama, HRD AKP dan pengunjung AKP sebagai informan pendukung. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data penelitian di analisis dengan cara reduksi data, display data kemudian disimpulkan. Hasil penelitian mendeskripsikan bahwa alasan penggunaan model komunikasi WOM sebagai strategi pemasaran wisata AKP adalah faktor kemudahan cara penyampaian, peluang capaian target pengunjung yang luas dan biaya yang murah. Guna memaksimalkan WOM, pihak AKP memberikan pelayanan terbaik kepada pengunjung berupa fasilitas fisik dan nonfisik termasuk penggunaan alat dukung promosi berupa brosur, majalah “Karakter”, instagram, facebook dan kerjasama dengan portal berita online. Melalui strategi tersebut, maka terwujudlah penguatan mutual dialogue, pass along effect, knowledge difussion dan cause and effect yang dapat meningkatkan minat pengunjung AKP. Minat pengunjung dapat bertambah baik apabila pihak AKP mampu menciptakan pengalaman berwisata seni dan budaya yang berkesan bagi pengunjung dengan terus berinovasi dalam memperbarui kualitas layanan dan infrastruktur.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pemasaran, Word Of Mouth, Minat Pengunjung |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 300 Ilmu Sosial, Sosiologi > 302 Interaksi Sosial; Hubungan Antarpersonal; Komunikasi > Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi - S1 |
Depositing User: | Users 490 not found. |
Date Deposited: | 19 Jul 2022 02:16 |
Last Modified: | 03 Jan 2023 07:19 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/757 |
Actions (login required)
View Item |