AVRILIANI, Dwi (2021) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PTPN IX DALAM MEMBANGUN BRAND IMAGE TEH HITAM KALIGUA (STUDI PADA PABRIK TEH HITAM KEBUN KALIGUA). Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
PDF (COVER)
COVER-Dwi Avriliani-43217015-Skripsi-2021.pdf - Published Version Download (600kB) |
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-Dwi Avriliani-43217015-Skripsi-2021.docx - Published Version Download (20kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I-Dwi Avriliani-43217015-Skripsi-2021.pdf - Published Version Download (216kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II-Dwi Avriliani-43217015-Skripsi-2021.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (325kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III-Dwi Avriliani-43217015-Skripsi-2021.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (98kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV-Dwi Avriliani-43217015-Skripsi-2021.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V-Dwi Avriliani-43217015-Skripsi-2021.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (113kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-Dwi Avriliani-43217015-Skripsi-2021.pdf - Published Version Download (243kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-Dwi Avriliani-43217015-Skripsi-2021.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Agrowisata Kaligua merupakan salah satu objek wisata yang terletak di Desa Pandansari Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes. Di Agrowisata Kaligua terdapat Pabrik Teh Hitam Kebun Kaligua yang menghasilkan beberapa varian teh seperti teh hitam, teh hijau dan teh putih. Dari ketiga jenis teh tersebut, teh hitam memiliki nilai penjualan tertinggi dibanding teh lainnya baik dari penjualan lokal maupun ekspor. Namun masyarakat Paguyangan sendiri kurang mengenal adanya produk Teh Hitam Kaligua. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh PTPN IX pada Pabrik Teh Hitam Kebun Kaligua dalam membangun brand image Teh Hitam Kaligua. Teori yang menjadi acuan pada penelitian ini adalah teori promotion mix yang meliputi advertising (periklanan), sales promotion (promosi penjualan), personal selling (penjualan personal), public relation (hubungan masyarakat), direct marketing (pemasaran langsung) dan internet marketing (pemasaran internet). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk menggambarkan strategi yang dilakukan PTPN IX dalam membangun brand image Teh Hitam Kaligua. Teknik pengumpulan datanya berupa wawancara sebagai data primer dan dokumentasi sebagai data sekunder. Hasil penelitian yang didapat berupa adanya penerapan promotion mix yang dilakukan oleh PTPN IX pada Pabrik Teh Hitam Kebun Kaligua yang sudah optimal pada aspek personal selling (penjualan personal) yaitu melalui penjualan di outlet-outlet wisata Kaligua, public relation (hubungan masyarakat) meliputi kegiatan sosial berupa bantuan masker, posyandu dan lainnya, direct marketing (pemasaran langsung) berupa pemasaran di mini market Kaligua dan pelelangan di KPBN Jakarta serta internet marketing (pemasaran internet) melalui media sosial. Media sosial yang dominan digunakan ialah Instagram dengan nama akun banaran store. Hanya saja untuk pemasaran offline masih perlu ditingkatkan lagi serta diperlukan adanya inovasi produk.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Komunikasi, Pemasaran, Brand Image |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 300 Ilmu Sosial, Sosiologi > 302 Interaksi Sosial; Hubungan Antarpersonal; Komunikasi > Komunikasi > Isi Komunikasi; Strategi Komunikasi 600 Technology dan Ilmu Terapan > 650 Bisnis, Manajemen & Public Relation > 658 Manajemen Umum > Marketing, Manajemen Distribusi > Promosi Pemasaran, Promosi Penjualan; Strategi Pemasaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi - S1 |
Depositing User: | Nidzom Muhammad |
Date Deposited: | 18 Aug 2022 07:44 |
Last Modified: | 03 Jan 2023 03:48 |
URI: | http://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/859 |
Actions (login required)
View Item |