NAFIAH, Linda Khoerun (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN RUBANTAR BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA MATERI BANGUN DATAR KELAS V MI TARBIYATUL ATHFAL CARUBAN. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
PDF (COVER)
COVER-Linda Khoerun Nafiah-40216032-Skripsi-2020.pdf - Published Version Download (127kB) |
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-Linda Khoerun Nafiah-40216032-Skripsi-2020.docx - Published Version Download (15kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I-Linda Khoerun Nafiah-40216032-Skripsi-2020.pdf - Published Version Download (29kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II-Linda Khoerun Nafiah-40216032-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (82kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III-Linda Khoerun Nafiah-40216032-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (110kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV-Linda Khoerun Nafiah-40216032-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (138kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V-Linda Khoerun Nafiah-40216032-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-Linda Khoerun Nafiah-40216032-Skripsi-2020.pdf - Published Version Download (22kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-Linda Khoerun Nafiah-40216032-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (419kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena kondisi pembelajaran matematika terlalu monoton dan kurang mendukungnya media pembelajaran. Tujuan peneliti ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran rubantar berbasis etnomatematika. Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa MI Tarbiyatul Athfal Caruban. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, test. Teknik analisis data menggunakan data kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka penlitian dan pengembangan ini dapat di simpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran rumah bangun datar berbasis etnomatematika melalui lima tahap yaitu Analysis (Analsis), Design (Desain), Developmentation (Pengembangan), Implementation (implementasi) dan Evaluation (Evaluasi). Hasil pengembangan media pembelajaran rumah bangun datar berbasis etnomatematika dapat meningkatkan hasil prestasi belajar siswa dan layak untuk digunakan, dengan rincian aspek isi dan tujuan memperoleh nilai rata-rata sebesar 39 dan dalam kategori kelayakan “sangat layak” dengan tingkat kelayakan 80%. Maka penggunaan media pembelajaran rumah bangun datar berbasis etnomatematika dapat dikategorikan meningkatkan hasil prestasi belajar pada materi bangun datar kelas V MI Tarbiyatul Athfal Caruban.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Media berbasis etnomatematika, Bangun datar, Prestasi belajar |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.2 Administrasi Sekolah, Manajemen Sekolah, Kepala Sekolah, Biaya Sekolah, Mutu Pendidikan > Hasil Belajar, Penilaian Pembelajaran, Prestasi Siswa 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 |
Depositing User: | Nidzom Muhammad |
Date Deposited: | 07 Sep 2022 03:21 |
Last Modified: | 07 Sep 2022 03:21 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/918 |
Actions (login required)
View Item |