ARIYANTO, Reksi (2020) HAMBATAN GURU SEKOLAH DASAR DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF DENGAN METODE BELAJAR DI RUMAH DI SD NEGERI CINANAS 04. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
PDF (COVER)
COVER-Reksi Ariyanto-40216049-Skripsi-2020.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-Reksi Ariyanto-40216049-Skripsi-2020.doc - Published Version Download (29kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I-Reksi Ariyanto-40216049-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (207kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II-Reksi Ariyanto-40216049-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (340kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III-Reksi Ariyanto-40216049-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (191kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV-Reksi Ariyanto-40216049-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (347kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V-Reksi Ariyanto-40216049-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-Reksi Ariyanto-40216049-Skripsi-2020.pdf - Published Version Download (316kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-Reksi Ariyanto-40216049-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (14MB) |
Abstract
Pandemi Covid-19 yang telah menyebar menyebabkan sekolah dasar menyelenggarakan pembelajaran tematik dengan belajar di rumah. Dalam pelaksanaanya ditemukan berbagai hambatan yang dialami guru. Penelitian ini difokuskan pada hambatan guru dalam pembelajaran tematik integratif dengan metode belajar di rumah di kelas tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran tematik integratif dengan metode belajar di rumah, mengetahui hambatan guru dan upayanya dalam mengatasi hambatan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran tematik integratif dengan metode belajar di rumah meliputi tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Hambatan dalam tahap perencanaan adalah profesionalisme guru yang rendah dan faktor pendukung. Hambatan dalam tahap pelaksanaan adalah alokasi waktu, intelektual siswa, sikap siswa terhadap belajar, kurangnya motivasi belajar, rasa percaya diri, kebiasaan belajar, teman kelompok, dan lingkungan. Hambatan dalam tahap evaluasi yaitu guru belum membuat siswa sepenuhnya paham dengan materi yang disampaikan, nilai belum mencakup aspek sikap dan keterampilan, dan guru hanya menekankan penilaian hasil daripada penilaian proses. Upaya guru dalam mengatasi hambatan diantaranya mengkomunikasikan permasalahan pada pihak sekolah, guru sejawat, KKG, ikut serta dalam pelatihan, mendampingi siswa terus menerus, diterapkanya pembelajaran tatap muka dan kebijakan penggunaan gawai hanya pada media penyampai informasi, tanya jawab dan pengumpulan tugas.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Belajar di Rumah, Guru SD, Hambatan, Pembelajaran Tematik Integratif. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 |
Depositing User: | Nidzom Muhammad |
Date Deposited: | 11 Sep 2022 02:17 |
Last Modified: | 11 Sep 2022 02:17 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/944 |
Actions (login required)
View Item |