LESTARI, Alfian Lutfiani (2024) EFEKTIVITAS MODEL INQUIRY BASED LEARNING BERBASIS EDUTAINMENT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SD ISLAM AL-FALAH MARGASARI. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
![]() |
PDF (HALAMAN AWAL)
HALAMAN DEPAN_ALFIAN_LUTFIANI_LESTARI_40220004_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version Download (760kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_ALFIAN_LUTFIANI_LESTARI_40220004_SKRIPSI_2024.docx - Published Version Download (16kB) |
![]() |
PDF (BAB I)
BAB I_ ALFIAN_LUTFIANI_LESTARI_40220004_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (170kB) |
![]() |
PDF (BAB II)
BAB II_ALFIAN_LUTFIANI_LESTARI_40220004_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (238kB) |
![]() |
PDF (BAB III)
BAB III_ALFIAN_LUTFIANI_LETSRI_40220004_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (278kB) |
![]() |
PDF (BAB IV)
BAB IV_ALFIAN_LUTFAINI_LESTARI_40220004_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (343kB) |
![]() |
PDF (BAB V)
BAB V_ALFIAN_LUTFIANI_LESTARI_40220004_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version Download (36kB) |
![]() |
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA_ALFIAN_LUTFAINI_LESTARI_40220004_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version Download (109kB) |
![]() |
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN_ALFIAN_LUTFAINI_LESTARI_40220004_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
![]() |
PDF (ARTIKEL)
Artikel_Jurnal_Alfian_Lutfiani_Lestari_40220004_(1)[1].pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (333kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kegiatan belajar mengajar saat ini belum memberikan kesempatan kepada siswa untuk berkembang sehingga kemampuan berpikir kritis siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan kemampuan berpikir kritis yang diajarkan dengan model IBL berbasis edutainment dibandingkan dengan kelas yang diajarkan dengan model konvensional. Dan melihat peningkatan kemampuan berpikir kritis dalam penerapan model IBL berbasis edutainment. Serta model IBL berbasis edutainment efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimen dengan desain Non-Equivalent Control- Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV di SD Islam Al-Falah Margasari yang berjumlah 42 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh. Sampel penelitiannya adalah kelas IV A sejumlah 21 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sejumlah 21 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji independent sample t-test, uji paired sample t-test, dan uji n-gain. Hasil penelitian menunjukan uji t independent diperoleh nilai Sig (-2 tailed) 0.000, nilai tersebut < 0.05 artinya H1 diterima. Uji kedua diperoleh 0,000 nilai tersebut < 0.05 artinya H1 diterima dan Uji ketiga n-gain diperoleh 0,60 artinya dalam kategori sedang. Dapat disimpulkan kemampuan berpikir kritis yang diajarkan model IBL berbasis edutainment lebih baik dan terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis serta model IBL berbasis edutainment cukup efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa karena nilai mean berada diantara nilai 0,30 < n gain < 0,70.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Model Inquiry Based Learning; Edutainment; Berpikir Kritis | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar | ||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 | ||||||
Depositing User: | S.E. Khozin Khozin | ||||||
Date Deposited: | 22 Apr 2025 06:31 | ||||||
Last Modified: | 22 Apr 2025 06:34 | ||||||
URI: | http://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/1716 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |