Purwanti, Euis Ayu (2018) EFEKTIVITAS MODEL ROUND CLUB BERBANTUAN LKS TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 MARGASARI. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
Text
40314007_HALAMAN AWAL.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 October 2023. Download (626kB) |
|
Text
40314007_BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 October 2023. Download (187kB) |
|
Text
40314007_BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 October 2023. Download (382kB) |
|
Text
40314007_BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 October 2023. Download (309kB) |
|
Text
40314007_BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 October 2023. Download (308kB) |
|
Text
40314007_BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 October 2023. Download (88kB) |
|
Text
40314007_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 October 2023. Download (128kB) |
|
Text
40314007_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 October 2023. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematis baik secara lisan maupun tulisan. Komunikasi secara lisan berupa siswa kurang percaya diri dalam mengemukakan jawaban jika ditanya oleh guru dan siswa belum mampu mengkomunikasikan pendapatnya dengan baik. Sedangkan komunikasi secara tulisan dapat dilihat dari jawaban siswa yang belum memenuhi indikator kemampuan komunikasi matematis, yaitu: (1) menulis matematika; (2) menggambar matematis; dan (3) ekspresi matematis. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas model Round Club berbantuan LKS terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII SMP Negeri 3 Margasari. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Hasil penelitian uji ketuntasan diperoleh nilai t_hitung = 5,593 dan z_hitung = 1,897; uji beda rata-rata diperoleh t_hitung = 3,074; dan uji regresi sederhana diperoleh nilai sig. = 0,000, b = 1,775, dan R Suare = 0,684 atau 68,4%. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Rata-rata kemampuan komunikasi matematis pada materi segiempat dengan Model Round Club berbantuan LKS yaitu 80,51 artinya tuntas KKM; (2) Rata-rata kemampuan komunikasi matematis pada materi segiempat dengan Model Round Club berbantuan LKS yaitu 80,51 lebih baik dari pembelajaran konvensional yaitu 74,99; (3) Terdapat pengaruh positif aktivitas siswa dari Model Round Club Berbantuan LKS sebesar 68,4% terhadap kemampuan komunikasi matematis pada materi segiempat. Dari kesimpulan tersebut, maka terbukti bahwa pembelajaran dengan model Round Club berbantuan LKS terhadap kemampuan komunikasi matematis pada materi segiempat lebih efektif daripada pembelajaran dengan model konvensional
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Matematis, Model Round Club Berbantuan LKS, Materi Segiempat |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Menengah, Pendidikan Lanjutan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika - S1 |
Depositing User: | Nidzom Muhammad |
Date Deposited: | 28 Oct 2018 11:34 |
Last Modified: | 28 Oct 2018 11:34 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/360 |
Actions (login required)
View Item |