Search for collections on Repository Universitas Peradaban

EFEKTIVITAS METODE DISKUSI BERBASIS HANDOUT TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MATERI SEGITIGA DAN SEGIEMPAT

Handoko, Muhamad Catur (2018) EFEKTIVITAS METODE DISKUSI BERBASIS HANDOUT TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MATERI SEGITIGA DAN SEGIEMPAT. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.

[img] Text
40314013_HALAMAN_AWAL.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 31 October 2023.

Download (1MB)
[img] Text
40314013_BAB I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 31 October 2023.

Download (343kB)
[img] Text
40314013_BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 31 October 2023.

Download (305kB)
[img] Text
40314013_BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 October 2023.

Download (616kB)
[img] Text
40314013_BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 October 2023.

Download (714kB)
[img] Text
40314013_BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 31 October 2023.

Download (150kB)
[img] Text
40314013_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 31 October 2023.

Download (155kB)
[img] Text
40314013_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 October 2023.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini latarbelakang kemampuan pemecahan masalah mateatika siswa yang masih rendah ditunjukkan dengan pemberian soal investigasi dari jumlah populasi kelas VII diambil sampel secara acak yaitu dikelas VII D dimana dari total siswa 30 orang hanya 36,7% siswa menjawab benar dan 63,3% siswa masih menjawab dengan salah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan dari metote diskusi berbasis Handout tehadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Populasi siswa kelas VII SMP negeri 3 Margasari. Sampelnya yaitu kelas eksperimen VII D, kelas kontrol VII F Sample Random Sampling. Teknik pengambilan datanya dengan menggunakan uji ketuntasan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, uji proporsi ketuntasan rata-rata, uji beda rata-rata uji beda rata-rata dan uji regrasi linear sederhan. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa nilai rata-rata kemampuan pemecahan matematika siswa melampaui 73 denga proporsi siswa yang tuntas melebihi 75%. Nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas eksperimen adalah 60 lebih baik dari pada nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas kontrol yaitu 57. Uji regrasi sederhana menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif keterampilan proses siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sebesar 69,3%. Kesimpulan dari muraian diatas adalah penggunaan metode diskusi berbasis Handout efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa materi segitiga dan segiempat.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Metode Diskusi Berbasis Handout, Aktivitas, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis.
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.2 Administrasi Sekolah, Manajemen Sekolah, Kepala Sekolah, Biaya Sekolah, Mutu Pendidikan
500 Ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika > Ilmu Ukur, Geometri, Trigonometri
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Nidzom Muhammad
Date Deposited: 01 Dec 2018 04:07
Last Modified: 01 Dec 2018 04:07
URI: https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/364

Actions (login required)

View Item View Item