Rahmasari, Cintami (2018) PENGEMBANGAN BUKU SAKU TOKOH PAHLAWAN BERBASIS KARTUN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI CIKUNING 03 TAHUN 2017/2018. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
|
Text
40214005_HALAMAN_AWAL.pdf - Accepted Version Download (119kB) | Preview |
|
|
Text
40214005_BAB I.pdf - Accepted Version Download (327kB) | Preview |
|
Text
40214005_BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 December 2023. Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (358kB) |
||
|
Text
40214005_BAB III.pdf - Accepted Version Download (395kB) | Preview |
|
Text
40214005_BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2023. Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (515kB) |
||
|
Text
40214005_BAB V.pdf - Accepted Version Download (150kB) | Preview |
|
|
Text
40214005_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (58kB) | Preview |
|
Text
40214005_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2023. Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Berdasarkan data hasil belajar siswa. Sebagaian besar siswa kelas V SDN Cikuning 03 Tahun Pelajaran 2017/2018 memiliki hasil belajar rendah, terutama pada pembelajaran IPS. Tujuan penelitian ini adalah mengembangankan media pembelajaran berupa buku saku tokoh pahlawan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Cikuning 03 pembelajaran IPS. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) yang diadaptasi dari model pengembangan (Borg and Gall) dalam Sugiyono. Dikembangkan melalui model penelitian dan pengembangan dengan langkah sebagai berikut. 1) potensi dan masalah; 2) pengumpulan data; 3) desain produk; 4) validasi desain; 5) hasil revisi; dan 6) uji coba produk. Data penelitian ini diperoleh menggunakan wawancara, kuesioner validator, serta pretest dan postest. Penelitian dilakukan dengan metode eksperimen One Group Pretest Postest Design Hasil penilaian ahli materi diperoleh rata-rata prosentase 68% yang termasuk dalam kategori Layak, ahli media diperoleh rata-rata prosentase 72% yang termasuk dalam kategori Layak. Hasil belajar pretest dan postest dihitung menggunakan uji hipotesis dengan uji t-test (Paired Samples Test) dengan bantuan program SPSS, pada output diketahui Sig (2-tailed) = 0,001 < 0,05 maka Ho ditolak, artinya, pengembangan buku saku tokoh pahlawan berbasis kartun efektif meningkatkan hasil belajar IPS kelas V SDN Cikuning 03. Jadi kesimpulannya media pembelajaran buku saku berbasis kartun materi persiapan proklamasi kemerdekaan Indonesia yang dikembangkan layak dan efektif dapat meningkatkan hasil belajar IPS kelas V SDN Cikuning 03.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Buku Saku, Kartun, Hasil Belajar, IPS |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.2 Administrasi Sekolah, Manajemen Sekolah, Kepala Sekolah, Biaya Sekolah, Mutu Pendidikan > Hasil Belajar, Penilaian Pembelajaran, Prestasi Siswa 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 |
Depositing User: | Nidzom Muhammad |
Date Deposited: | 23 Dec 2018 04:15 |
Last Modified: | 17 Nov 2019 04:12 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/380 |
Actions (login required)
View Item |