Khasanah, Kholiyahtul (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DENGAN BANTUAN MEDIA KARTU CARAWA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AKSARA JAWA DAN PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGHAFAL SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI PAGOJENGAN 02 TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
Text
40214023_HALAMAN AWAL.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 January 2025. Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
|
Text
40214023_BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 January 2025. Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (208kB) |
|
Text
40214023_BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 January 2025. Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (609kB) |
|
Text
40214023_BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 January 2025. Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (302kB) |
|
Text
40214023_BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 January 2025. Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (271kB) |
|
Text
40214023_BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 January 2025. Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (92kB) |
|
Text
40214023_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 January 2025. Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (149kB) |
|
Text
40214023_LAMPIRAN SKRIPSI.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 January 2025. Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kesulitan siswa dalam membaca aksara Jawa di Sekolah Dasar Negeri Pagojengan 02. Faktor yang mempengaruhi kesulitan membaca yaitu siswa pasif, guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional, media yang digunakan masih terbatas. Kondisi tersebut berdampak pada nilai aspek membaca aksara Jawa siswa yang menurun yaitu 51,8% dari 27 siswa dengan rata-rata nilai 62,2, karena tidak sesuai dengan KKM yang telah ditentukan 65 dari Sekolah Dasar Negeri Pagojengan 02. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu apakah terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match dengan bantuan media kartu carawa terhadap kemampuan membaca aksara Jawa dan kemampuan menghafal, serta berapa besar pengaruh tersebut. Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match dengan bantuan media kartu carawa terhadap kemampuan membaca aksara Jawa dan kemampuan menghafal siswa kelas IV SD Negeri Pagojengan 02 tahun pelajaran 2017/2018. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen bentuk One Group Pretest Posttest Design. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan uji normalitas, uji beda rata-rata dan uji manova. Berdasarkan dari hasil analisis uji beda rata-rata dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa setelah diberi perlakuan lebih baik dari sebelumnya, sedangkan hasil analisis uji manova dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap kemampuan membaca aksara Jawa sebesar 50,1% dan kemampuan menghafal sebesar 46,7%. Selain itu, rata-rata nilai posttest lebih baik dibandingkan dengan rata-rata nilai pretest.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Make A Match, kartu Carawa, Kemampuan Membaca, Aksara Jawa, Kemampuan Menghafal |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > Membaca, Belajar Membaca, Kemampuan Membaca 400 Ilmu Bahasa, Kebahasaan > Bahasa Jawa |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 |
Depositing User: | Nidzom Muhammad |
Date Deposited: | 29 Jan 2019 07:15 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 07:15 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/389 |
Actions (login required)
View Item |