Prastyaningsih, Ika (2018) PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN CLASSROOM MEETING DENGAN METODE TAKE AND GIVE DAN TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD RAGATUNJUNG 02. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
Text
40214054_HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 28 February 2025. Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (350kB) |
|
Text
40214054_BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 28 February 2025. Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (159kB) |
|
Text
40214054_BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 28 February 2025. Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (246kB) |
|
Text
40214054_BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 28 February 2025. Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (275kB) |
|
Text
40214054_BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 28 February 2025. Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (460kB) |
|
Text
40214054_BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 28 February 2025. Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (88kB) |
|
Text
40214054_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 28 February 2025. Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (199kB) |
|
Text
40214054_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 28 February 2025. Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di SD Negeri Ragatunjung 02 dikarenakan guru masih menggunkan pembelajaran konvensional sehingga siswa menjadi cenderung pasif dalam mengikuti setiap proses pembelajaran, hal tersebut berdampak pada 51% siswa mendapatkan nilai yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dengan KKM yang telah ditentukan oleh SDN Ragatunjung02 yaitu 62. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan model pembelajaran classroom meeting dengan metode take and give dan talking stick, apakah ada peningkatan hasil belajar sebelum dan sesudah diberi perlakuan serta untuk mengetahui hasil apakah rata-rata hasil belajar siswa tuntas KKM. Jenis penelitian ini adalah jenis kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimental Design dan bentuk desain pretest-posttest group design. Hasil uji statistic T-test Independent sampel t-test yang dilakukan, nilai signifikansi (2-tailed) < 0,05 dan nilai t hitung pada penelitian ini adalah 2,743 sedangkan t tabel = 1.673 karena t hitung > t tabel. Maka dapat diambil keputusan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima yaitu terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran IPS di SD Negeri Ragatunjung 02. Hasil perbandingan penggunaan model pembelajaran Classroom Meeting dengan metode Take and Give dan Talking Stick dilihat berdasarkan hasil nilai posttest dengan nilai rata-rata siswa dengan menggunakan model pembelajaran Classroom Meeting dengan metode Take and Give sebesar 77.36, sedangan Classroom Meeting dengan metode Talking Stick sebesar 70.21.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Classroom Meeting, Take and Give, Talking Stick, Hasil Belajar |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.2 Administrasi Sekolah, Manajemen Sekolah, Kepala Sekolah, Biaya Sekolah, Mutu Pendidikan > Hasil Belajar, Penilaian Pembelajaran, Prestasi Siswa 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 |
Depositing User: | Nidzom Muhammad |
Date Deposited: | 03 Feb 2019 04:52 |
Last Modified: | 03 Feb 2019 04:52 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/399 |
Actions (login required)
View Item |