Setiowati, Leni (2018) IMPLEMENTASI KEGIATAN PEMBELAJARAN KHUSUS BAGI LAMBAN BELAJAR DI SEKOLAH INKLUSI SEKOLAH DASAR NEGERI 05 ARCAWINANGUN PURWOKERTO TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
|
Text
40214103_HALAMAN_AWAL.pdf - Accepted Version Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
40214103_BAB I.pdf - Accepted Version Download (89kB) | Preview |
|
Text
40214103_BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 30 September 2025. Download (244kB) |
||
Text
40214103_BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 30 September 2025. Download (94kB) |
||
Text
40214103_BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 30 September 2025. Download (167kB) |
||
Text
40214103_BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 30 September 2025. Download (58kB) |
||
|
Text
40214103_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (71kB) | Preview |
|
Text
40214103_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 30 September 2025. Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kegiatan pembelajaran khusus bagi lamban belajar di Sekolah Dasar Negeri 05 Arcawinangun Purwokerto Tahun Pelajaran 2017/2018 dengan rumusan masalah yaitu bagaimana implementasi kegiatan pembelajaran khusus bagi lamban belajar kelas 1, 2 dan kelas 3 dengan materi pokok membaca, menulis, dan berhitung di Sekolah Dasar Negeri 05 Arcawinangun Purwokerto Tahun Pelajaran 2017/2018. Fokus penelitian ini di tujukan hanya pada lamban belajar kelas 1, 2 dan kelas 3. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui implementasi kegiatan pembelajaran khusus bagi lamban belajar kelas 1, 2 dan kelas 3 dengan materi pokok membaca, menulis, dan berhitung di Sekolah Dasar Negeri 05 Arcawinangun Purwokerto Tahun Pelajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian yaitu kepala sekolah, siswa/anak lamban belajar kelas 1, 2 dan kelas 3, serta guru pembimbing khusus.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian yang didapat adalah kegiatan pembelajaran berdasarkan strategi pembelajaran anak lamban belajar yang dimaksudkan di peroleh hasil yaitu guru pembimbing khusus dalam menyampaian pendahuluan terhadap anak lamban belajar sama dengan anak normal, penyampaian informasi pada saat pembelajaran ada sedikit perbedaan dengan penyampaian terhadap anak normal yaitu lebih disesuaikan dengan kemampuan siswa lamban belajar dan adanya bantuan dari guru pendamping, partisipasi peserta didik cukup antusias dalam kegiatan pembelajaran khusus, tes/penilaian pembelajaran berupa soal esai, dan untuk kegiatan lanjutan berupa tugas yang dikerjakan di rumah.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sekolah Inklusi, Metode Pembelajaran |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.9 Pendidikan Khusus, Sekolah Luar Biasa |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 |
Depositing User: | Nidzom Muhammad |
Date Deposited: | 07 Oct 2019 06:53 |
Last Modified: | 07 Oct 2019 06:53 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/438 |
Actions (login required)
View Item |