BAROKAH, Nikmatul (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN SMART APPS CREATOR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MATERI DERET GEOMETRI. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
PDF (COVER)
COVER-NIKMATUL BAROKAH-40318009-SKRIPSI-2022.pdf - Published Version Download (694kB) |
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-NIKMATUL BAROKAH-40318009-SKRIPSI-2022.docx - Published Version Download (9kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I-NIKMATUL BAROKAH-40318009-SKRIPSI-2022.pdf - Published Version Download (73kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II-NIKMATUL BAROKAH-40318009-SKRIPSI-2022.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (144kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III-NIKMATUL BAROKAH-40318009-SKRIPSI-2022.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (113kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV-NIKMATUL BAROKAH-40318009-SKRIPSI-2022.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (982kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V-NIKMATUL BAROKAH-40318009-SKRIPSI-2022.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-NIKMATUL BAROKAH-40318009-SKRIPSI-2022.pdf - Published Version Download (74kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-NIKMATUL BAROKAH-40318009-SKRIPSI-2022.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL-NIKMATUL BAROKAH-40318009-SKRIPSI-2022.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (362kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk berupa media pembelajaran menggunakan smart apps creator dan untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah penggunaan media pembelajaran. Pengembangan menggunakan model Four-D (4D) yang meliputi tahap Define (Pendefinisian), Design (Merancang), Development (Pengembangan), Dessemination (Penyebaran). Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, kuisioner, wawancara. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah soal uji coba, angket validasi konstruk, angket validasi isi, angket respon siswa (kepraktisan) dan angket keefektifan. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, reabilitas, tingkat kesukaran, daya beda dan juga uji N gain untuk efektifitas. Hasil penelitian ini adalah: (1) Pengembangan media pembelajaran dengan menggunakan smart apps creator materi deret geometri valid digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan perolehan hasil validasi konstruk dengan presentase rata-rata sebesar 88% dengan kriteria valid dan hasil uji validasi isi dengan presentase rata-rata sebesar 90% dengan kriteria valid . (2) uji coba produk media pembelajaran menggunakan smart apps creator materi deret geometri terhadap peserta didik memperokeh presentase rata-rata sebesar 80% dalam kriteria Sangat Praktis. (3) Peningkatan motivasi belajar siswa menggunakan Media pembelajaran menggunakan smart apps creator berdasarkan skor gain sebesar 0,57 dengan kriteria sedang. Saran peneliti diharapkan media pembelajaran menggunakan smart apps creator ini dapat digunakan sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran dan dapat dikembangkan lagi untuk menghasilkan produk yang lebih menarik serta efisien
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Smart Apps Creator, Motivasi Belajar |
Subjects: | 500 Ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika > Kemampuan Matematis; Pembelajaran Matematika; Riset Matematika 500 Ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika > Ilmu Ukur, Geometri, Trigonometri |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika - S1 |
Depositing User: | Users 490 not found. |
Date Deposited: | 16 Jan 2023 04:34 |
Last Modified: | 16 Jan 2023 04:34 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/1242 |
Actions (login required)
View Item |