Search for collections on Repository Universitas Peradaban

MAKNA MASKULINITAS DALAM IKLAN ROKOK GUDANG GARAM EDISI TERBITNYA SANG SURYA : ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES

UMIYATI, Aufa (2023) MAKNA MASKULINITAS DALAM IKLAN ROKOK GUDANG GARAM EDISI TERBITNYA SANG SURYA : ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.

[img] Text (ABSTRAK)
Abstrak_Aufa Umiyati_43218001_skripsi_2023.docx - Accepted Version

Download (22kB)
[img] PDF (COVER)
Halaman Awal_Aufa Umiyati_43218001_skripsi_2023.pdf - Accepted Version

Download (1MB)
[img] PDF (BAB I)
Bab I_Aufa Umiyati_43218001_skripsi_2023.pdf - Accepted Version

Download (242kB)
[img] PDF (BAB II)
Bab II_Aufa Umiyati_43218001_skripsi_2023.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (347kB)
[img] PDF (BAB III)
Bab III_Aufa Umiyati_43218001_skripsi_2023.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img] PDF (BAB IV)
Bab IV_Aufa Umiyati_43218001_skripsi_2023.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (709kB)
[img] PDF (BAB V)
Bab V_Aufa Umiyati_43218001_skripsi_2023.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSAKA)
Daftar Pustaka_Aufa Umiyati_43218001_skripsi_2023.pdf - Accepted Version

Download (186kB)

Abstract

Penelitian ini menggali tanda-tanda yang merepresentasikan maskulinitas dalam iklan rokok gudang garam Edisi Terbitnya Sang Surya. Penelitian ini menggunakan teori dominasi maskulin milik Pierre Bourdieu, teori semiotika dan teori five major codes milik Roland Barthes sebagai teori pendukung dalam analisis teksnya. Penelitian ini menggunakan teori dominasi maskulin untuk menganalisis habitus, field dan capital. Dan menggunakan teori semiotika Roland Barthes untuk menganalisis kode denotasi, konotasi dan mitos yang didapatkan dari video iklan rokok gudang garam sebagai subjek utama penelitian dan menganalisis teks dengan membedah teks iklan menggunakan teori five major yang terdiri atas 5 bagian yakni hermeneutik, proairetik, semik, simbolik dan gnomik. Hasil penelitian ini adalah ditemukannya representasi maskulinitas dalam beberapa scene pada iklan ini, iklan Rokok Gudang Garam Edisi Terbitnya Sang Surya merepresentasikan nilai maskulinitas dengan penggambaran sosok laki-laki membuktikan kemaskulinitasanya menggunakan homologi, pertaruhan field dan penggambaran kesuksesan dan kekayaan sebagai pembuktian sifat maskulin.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorZEN, Ahmad RifaiNIDN0617088002
Uncontrolled Keywords: Iklan, Rokok, Semiotika Roland Barthes, Dominasi Maskulin, Five Major Codes
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 300 Ilmu Sosial, Sosiologi > 302 Interaksi Sosial; Hubungan Antarpersonal; Komunikasi > Komunikasi > Komunikasi Nonverbal: Gesture, Body Language, Semiotika
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi - S1
Depositing User: - Rico Kameswara
Date Deposited: 09 Nov 2023 03:59
Last Modified: 03 Feb 2025 03:57
URI: http://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/1349

Actions (login required)

View Item View Item