UMIYATI, Aufa (2023) MAKNA MASKULINITAS DALAM IKLAN ROKOK GUDANG GARAM EDISI TERBITNYA SANG SURYA : ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
Text (ABSTRAK)
43218001 Abstrak.docx - Published Version Download (22kB) |
|
PDF (COVER)
43218001 Halaman Awal.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
PDF (BAB I)
43218001 Bab I.pdf - Published Version Download (242kB) |
|
PDF (BAB II)
43218001 Bab II.pdf - Published Version Download (347kB) |
|
PDF (BAB III)
43218001 Bab III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (193kB) |
|
PDF (BAB IV)
43218001 Bab IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (709kB) |
|
PDF (BAB V)
43218001 Bab V.pdf - Published Version Download (101kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
43218001 Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (186kB) |
Abstract
Penelitian ini menggali tanda-tanda yang merepresentasikan maskulinitas dalam iklan rokok gudang garam Edisi Terbitnya Sang Surya. Penelitian ini menggunakan teori dominasi maskulin milik Pierre Bourdieu, teori semiotika dan teori five major codes milik Roland Barthes sebagai teori pendukung dalam analisis teksnya. Penelitian ini menggunakan teori dominasi maskulin untuk menganalisis habitus, field dan capital. Dan menggunakan teori semiotika Roland Barthes untuk menganalisis kode denotasi, konotasi dan mitos yang didapatkan dari video iklan rokok gudang garam sebagai subjek utama penelitian dan menganalisis teks dengan membedah teks iklan menggunakan teori five major yang terdiri atas 5 bagian yakni hermeneutik, proairetik, semik, simbolik dan gnomik. Hasil penelitian ini adalah ditemukannya representasi maskulinitas dalam beberapa scene pada iklan ini, iklan Rokok Gudang Garam Edisi Terbitnya Sang Surya merepresentasikan nilai maskulinitas dengan penggambaran sosok laki-laki membuktikan kemaskulinitasanya menggunakan homologi, pertaruhan field dan penggambaran kesuksesan dan kekayaan sebagai pembuktian sifat maskulin.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Iklan, Rokok, Semiotika Roland Barthes, Dominasi Maskulin, Five Major Codes |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 300 Ilmu Sosial, Sosiologi > 302 Interaksi Sosial; Hubungan Antarpersonal; Komunikasi > Komunikasi > Komunikasi Nonverbal: Gesture, Body Language, Semiotika |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi - S1 |
Depositing User: | Users 514 not found. |
Date Deposited: | 09 Nov 2023 03:59 |
Last Modified: | 09 Nov 2023 03:59 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/1349 |
Actions (login required)
View Item |