Search for collections on Repository Universitas Peradaban

ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MATERI BARISAN DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER

ANJAENI, Dwi Oktavia (2024) ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MATERI BARISAN DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.

[img] PDF (HALAMAN AWAL)
COVER-DWI OKTAVIA ANJAENI-40320010-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-DWI OKTAVIA ANJAENI-40320010-SKRIPSI-2024.docx - Published Version

Download (9kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I-DWI OKTAVIA ANJAENI-40320010-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II-DWI OKTAVIA ANJAENI-40320010-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (245kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III-DWI OKTAVIA ANJAENI-40320010-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (196kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV-DWI OKTAVIA ANJAENI-40320010-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (830kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V-DWI OKTAVIA ANJAENI-40320010-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version

Download (178kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-DWI OKTAVIA ANJAENI-40320010-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version

Download (185kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-DWI OKTAVIA ANJAENI-40320010-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL-DWI OKTAVIA ANJAENI-40320010-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (607kB)

Abstract

Kemampuan koneksi matematis merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh peserta didik. Kemampuan koneksi matematis peserta didik di kelas X.4 tergolong masih rendah. Terdapat beberapa faktor yang harus diperhatikan dalam kemampuan koneksi matematis salah satunya adalah faktor gender. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan koneksi matematis peserta didik pada materi barisan ditinjau dari perbedaan gender. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Subjek wawancara pada penelitian ini dipilih secara purposive sampling dari setiap kategori kemampuan koneksi matematis. Uji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas data dengan teknik triangulasi. Teknik analisis data menggunakan analisa interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman. Hasil penelitian mengenai analisis kemampuan koneksi matematis peserta didik pada materi barisan ditinjau dari perbedaan gender, diperoleh bahwa untuk hasil tes kemampuan koneksi matematis peserta didik laki-laki yang berjumlah 14 peserta didik mendapati 0 peserta didik dari kategori tinggi, 1 peserta didik dari kategori sedang, dan 9 peserta didik dari kategori rendah. Sedangkan untuk hasil tes kemampuan koneksi matematis peserta didik perempuan yang berjumlah 22 peserta didik mendapati 5 peserta didik dari kategori tinggi, 10 peserta didik dari kategori sedang, dan 7 peserta didik dari kategori rendah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan koneksi matematis peserta didik laki-laki berada pada kategori rendah dan kemampuan koneksi matematis peserta didik perempuan berada pada kategori sedang. Saran bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat memberikan informasi untuk melakukan penelitian yang sama dengan materi yang berbeda dan pada jenjang pendidikan yang berbeda.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorPURWANINGSIH, DianNIDN.0602108104
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Matematis
Subjects: 500 Ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika > Kemampuan Matematis; Pembelajaran Matematika; Riset Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: S.E. Khozin Khozin
Date Deposited: 16 Apr 2025 06:45
Last Modified: 16 Apr 2025 06:47
URI: http://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/1674

Actions (login required)

View Item View Item