JULAEHA, Julaeha (2024) ANALISIS KESIAPAN GURU DI SD NEGERI PASIRPANJANG 03 DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN SESUAI DENGAN KURIKULUM MERDEKA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
![]() |
PDF (HALAMAN AWAL)
COVER-JULAEHA-40217045-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Download (3MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-JULAEHA-40217045-SKRIPSI-2024.docx - Published Version Download (10kB) |
![]() |
PDF (BAB I)
BAB I-JULAEHA-40217045-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (194kB) |
![]() |
PDF (BAB II)
BAB II-JULAEHA-40217045-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (185kB) |
![]() |
PDF (BAB III)
BAB III-JULAEHA-40217045-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (122kB) |
![]() |
PDF (BAB IV)
BAB IV-JULAEHA-40217045-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (150kB) |
![]() |
PDF (BAB V)
BAB V-JULAEHA-40217045-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Download (184kB) |
![]() |
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-JULAEHA-40217045-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Download (189kB) |
![]() |
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-JULAEHA-40217045-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL-JULAEHA-40217045-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Download (248kB) |
Abstract
Pelaksanaan pembelajaran kurikulum merdeka harus disiapkan dengan sebaik mungkin. Sebelum melaksanakan pembelajaran, penting bagi guru mempersiapkan baik dari pra pembelajaran sampai asesmen pembelajaran. Hal ini menjadi acuan penelitian yang dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesiapan guru dalam menerapkan Kurikulum Merdeka di sekolah dasar. Penelitian ini memberikan gambaran terkait apa saja yang di persiapkan oleh guru selama proses penerapan kurikulum merdeka di sekolah dasar. Dalam pembelajaran Kurikulum Merdeka guru berperan sebagai fasilitator dan melaksanakan pembelajaran berdasarkan prinsip-prinsip mereka belajar. Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu Bagaimana kesiapan guru dalam melaksanakan kurikulum merdeka di SD Negeri Pasirpanjang 03, tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui siap atau tidaknya guru dalam melaksanakan kurikulum merdeka di SD Negeri Pasirpanjang 03. Metode yang digunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dengan Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dalam penelitian menunjukan bahwa kesiapan guru SD Negeri pasirpanjang 03 dalam menerapkan kurikulum merdeka yaitu guru menerapkan pembelajaran dengan baik seluruh tenaga pendidik melaksankan pembelajaran kurikulum merdeka dengan baik, diawali dengan perencanaan, pemanfaatan sumber belajar, pelaksanaan, sarana dan prasarana hingga asesmen yang dilakukan berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Pendidik berusaha meminimkan hambatan dan menciptakan solusi dari masalah yang terjadi dengan mengikuti seminar-seminar dan terus berlatih melalui PMM, mengikuti komunitas belajar baik di sekolah maupun diluar sekolah. Pendidik memanfaatkan PMM sebagai media mencari referensi baik materi maupun model dan media pembelajaran. Guru membuat modul ajar dengan mengadopsi dan memodifikasi sesuai dengan kebutuhan peserta didik di SD Pasirpanjang 03. Selain itu pendidik juga memanfaatkan teknologi, menciptakan media yang interaktif dan inovatif agar tercipta pembejaran yang aktif dan menyenangkan.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Kesiapan Guru, Implementasi Kurikulum Merdeka | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.1 Guru, Manajemen Kelas | ||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 | ||||||
Depositing User: | S.E. Khozin Khozin | ||||||
Date Deposited: | 19 Apr 2025 04:32 | ||||||
Last Modified: | 19 Apr 2025 04:35 | ||||||
URI: | http://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/1690 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |