Search for collections on Repository Universitas Peradaban

EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) BERBANTUAN JARIMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI PESERTA DIDIK KELAS III SD NEGERI DI DESA PANCURENDANG

SUSANTI, Anjar (2024) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) BERBANTUAN JARIMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI PESERTA DIDIK KELAS III SD NEGERI DI DESA PANCURENDANG. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.

[img] PDF (HALAMAN AWAL)
HALAMAN AWAL_ANJAR SUSANTI_40220006_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] PDF (ABSTRAK)
ABSTRAK_ANJAR SUSANTI_40220006_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version

Download (801kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I_ANJAR SUSANTI_40220006_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II_ANJAR SUSANTI_40220006_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III_ANJAR SUSANTI_40220006_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV_ANJAR SUSANTI_40220006_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V_ANJAR SUSANTI_40220006_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version

Download (401kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA_ANJAR SUSANTI_40220006_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN_ANJAR SUSANTI_40220006_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL_ANJAR SUSANTI_40220006_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (318kB)

Abstract

Kemampuan literasi numerasi merupakan salah satu ketrampilan dasar yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari karena berperan dalam pemecahan masalah dan pengambilan keputusan. Namun, permasalahan muncul terkait rendahnya kemampuan literasi numerasi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran NHT berbantuan Jarimatika efektif dan lebih baik dari pada model konvensional terhadap kemampuan literasi numerasi peserta didik kelas III SD Negeri di desa Pancurendang. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas III SD Negeri di Desa Pancurendang. Teknik sampling yang digunakan yaitu simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas III B SD Negeri 1 Pancurendang sebanyak 16 peserta didik sebaagai kelas eksperimen dan kelas III A SD Negeri 1 Pancurendang sebanyak 16 peserta didik sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan tes dan analisis data menggunakan uji independent sample t test dan paired sample t test. Hasil uji independent sample t test pada penelitian ini menunjukan nilai thitung sebesar 5,637 sedangkan ttabel sebesar 2,042. Karena thitung > ttabel, maka Ho ditolak. Artinya kemampuan literasi numerasi peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model NHT berbantuan jarimatika lebih baik dari apda kemampuan literasi numerasi peserta didik yang pembelajarannya dengan model pembelajaran konvensional. Sedangkan hasil uji paired sample t test pada penelitian ini menunjukan nilai thitung sebesar 9,640 dan ttabel sebesar 2,131. Karena thitung > ttabel, maka Ho ditolak. Artinya model pembelajaran NHT berbantuan jarimatika efekif digunakan untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi peserta didik kelas III SD Negeri di desa Pancurendang. Dari hasil kedua uji hipotesis, dapat disimpulkan bahwa model NHT berbantuan jarimatika efektif terhadap kemampuan literasi numerasi peserta didik kelas III SD Negeri di desa Pancurendang.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorARDANI, AnwarNIDN.0619128901
Uncontrolled Keywords: Literasi Numerasi; Number Head Togeteher; Jarimatika
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar
300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > Matematika atau Berhitung untuk Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: S.E. Khozin Khozin
Date Deposited: 22 Apr 2025 06:36
Last Modified: 22 Apr 2025 06:38
URI: http://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/1718

Actions (login required)

View Item View Item