ANGGRAENI, Lusiana (2024) OPTIMALISASI MOTIVASI SISWA YANG MENGALAMI BROKEN HOME DI SD NEGERI AJIBARANG KULON. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
![]() |
PDF (HALAMAN AWAL)
CPVER-LUSIANA ANGGRAENI-PGSD_055434.pdf - Published Version Download (2MB) |
![]() |
PDF (ABSTRAK)
ABSTRAK-LUSIANA ANGGRAENI-PGSD_055434.pdf - Published Version Download (579kB) |
![]() |
PDF (BAB I)
BAB I-LUSIANA ANGGRAENI-PGSD_055434.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
PDF (BAB II)
BAB II-LUSIANA ANGGRAENI-PGSD_055434.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) |
![]() |
PDF (BAB III)
BAB III-LUSIANA ANGGRAENI-PGSD_055434.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
PDF (BAB IV)
BAB IV-LUSIANA ANGGRAENI-PGSD_055434.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (5MB) |
![]() |
PDF (BAB V)
BAB V-LUSIANA ANGGRAENI-PGSD_055434.pdf - Published Version Download (488kB) |
![]() |
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-LUSIANA ANGGRAENI-PGSD_055434.pdf - Published Version Download (707kB) |
![]() |
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-LUSIANA ANGGRAENI-PGSD_055434.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
![]() |
PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL JURNAL-LUSIANA ANGGRAENI-PGSD_055434.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (153kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena konflik yang timbul akibat perceraian orang tua dapat mengganggu fokus anak pada pendidikan. Anak merasa tidak nyaman jika sering melihat atau mendengar pertengkaran yang terjadi di rumah, atau bahkan perpisahan dengan salah satu orang tua bisa menganggu konsentrasi dan motivasi belajar anak. Hal ini berdampak pada penurunan prestasi akademis, sering tidak masuk disekolah, atau anak kurang fokus pada saat pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana optimalisasi motivasi siswa yang mengalami broken home di SD Negeri Ajibarang Kulon. Dan untuk mengetahui bagaimana solusi yang akan dilakukan dalam optimalisasi motivasi pada siswa broken home di SD Negeri Ajibarang kulon. Metode dan pendekatan yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil dari penelitian yang telah dilaksanakan menunjukkan bahwa siswa yang mengalami broken home di SD Negeri Ajibarang Kulon, yaitu berinisial gr dan afp, mengalami penurunan motivasi belajar. Hal ini ditandai dengan seringnya gr tidak masuk sekolah dan afp yang kurang fokus saat pembelajaran. Untuk mengatasi masalah ini, diperlukan solusi bersama dari pihak sekolah dan keluarga, antara lain: memberikan pandangan positif tentang masa depan kepada anak, membangun keterbukaan antara anak dan orang tua, serta menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih mendukung bagi anak-anak dengan latar belakang broken home. Diharapkan pada penelitian selanjutnya dapat melakukan penelitian berkelanjutan dengan subjek dan metode penelitian yang berbeda.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Optimalisasi, Motivasi, Siswa, Broken Home. | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > Psikologi Pendidikan, Motivasi Belajar | ||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 | ||||||
Depositing User: | S.E. Khozin Khozin | ||||||
Date Deposited: | 24 Apr 2025 09:45 | ||||||
Last Modified: | 24 Apr 2025 09:48 | ||||||
URI: | http://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/1725 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |