Search for collections on Repository Universitas Peradaban

OPTIMALISASI MOTIVASI SISWA YANG MENGALAMI BROKEN HOME DI SD NEGERI AJIBARANG KULON

ANGGRAENI, Lusiana (2024) OPTIMALISASI MOTIVASI SISWA YANG MENGALAMI BROKEN HOME DI SD NEGERI AJIBARANG KULON. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.

[img] PDF (HALAMAN AWAL)
CPVER-LUSIANA ANGGRAENI-PGSD_055434.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] PDF (ABSTRAK)
ABSTRAK-LUSIANA ANGGRAENI-PGSD_055434.pdf - Published Version

Download (579kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I-LUSIANA ANGGRAENI-PGSD_055434.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II-LUSIANA ANGGRAENI-PGSD_055434.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III-LUSIANA ANGGRAENI-PGSD_055434.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV-LUSIANA ANGGRAENI-PGSD_055434.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V-LUSIANA ANGGRAENI-PGSD_055434.pdf - Published Version

Download (488kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-LUSIANA ANGGRAENI-PGSD_055434.pdf - Published Version

Download (707kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-LUSIANA ANGGRAENI-PGSD_055434.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL JURNAL-LUSIANA ANGGRAENI-PGSD_055434.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena konflik yang timbul akibat perceraian orang tua dapat mengganggu fokus anak pada pendidikan. Anak merasa tidak nyaman jika sering melihat atau mendengar pertengkaran yang terjadi di rumah, atau bahkan perpisahan dengan salah satu orang tua bisa menganggu konsentrasi dan motivasi belajar anak. Hal ini berdampak pada penurunan prestasi akademis, sering tidak masuk disekolah, atau anak kurang fokus pada saat pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana optimalisasi motivasi siswa yang mengalami broken home di SD Negeri Ajibarang Kulon. Dan untuk mengetahui bagaimana solusi yang akan dilakukan dalam optimalisasi motivasi pada siswa broken home di SD Negeri Ajibarang kulon. Metode dan pendekatan yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil dari penelitian yang telah dilaksanakan menunjukkan bahwa siswa yang mengalami broken home di SD Negeri Ajibarang Kulon, yaitu berinisial gr dan afp, mengalami penurunan motivasi belajar. Hal ini ditandai dengan seringnya gr tidak masuk sekolah dan afp yang kurang fokus saat pembelajaran. Untuk mengatasi masalah ini, diperlukan solusi bersama dari pihak sekolah dan keluarga, antara lain: memberikan pandangan positif tentang masa depan kepada anak, membangun keterbukaan antara anak dan orang tua, serta menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih mendukung bagi anak-anak dengan latar belakang broken home. Diharapkan pada penelitian selanjutnya dapat melakukan penelitian berkelanjutan dengan subjek dan metode penelitian yang berbeda.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorKHIYARUSOLEH, UjangNIDN.0606068602
Uncontrolled Keywords: Optimalisasi, Motivasi, Siswa, Broken Home.
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > Psikologi Pendidikan, Motivasi Belajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: S.E. Khozin Khozin
Date Deposited: 24 Apr 2025 09:45
Last Modified: 24 Apr 2025 09:48
URI: http://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/1725

Actions (login required)

View Item View Item